Minggu, 11 November 2012

Operasi Rekonstruksi Payudara (Elvandari Armen)


Hari ini, 5 November 2012, mata kuliah Psikologi Perempuan nonton lagi.. Yaaa, nonton lagi, sesuai dengan jadwal SAP..
Tema tontonan kami kali ini mengenai proses operasi rekonstruksi payudara. Jujur, awalnya saya agak merasa takut ketika melihat proses pembedahan. Maklum, saya baru pertama kali melihat proses operasi secara langsung.. Yahh selama ini sih cuma dengar saja istilah operasi dan cukup tahu kalo operasi itu dibedah.. Tapi kali ini saya melihat bagaimana proses pembedahan dan saya coba mengambil nilai positif dari tontonan tersebut.
Okee, balik lagi ke topik awal.. :D
Operasi rekonstruksi payudara dilakukan atas permintaan pasien yang awalnya sudah melakukan operasi pengangkatan payudara. Pengangkatan payudara dilakukan karena pasien menderita kanker payudara. Tentunya pascaoperasi perempuan tersebut tidak memiliki payudara seperti sebelumnya. Oleh sebab itu, operasi rekonstruksi dilakukan dengan harapan dapat meningkatkan rasa percaya diri sebagai perempuan.
Menjelang akhir perkuliahan, seperti biasanya kami membuka forum diskusi kelas yang dipimpin Ibu Henny Wirawan. Seorang perempuan dapat menderita kanker payudara dipicu dengan pola makanan yang tidak sehat, seperti sering mengonsumsi makanan cepat saji, makan buah atau sayuran yang tidak dicuci bersih, makanan ringan dalam kemasan yang mengandung pengawet, dan sering makanan yang dibakar. Makanan-makanan tersebut bersifat karsinogenik. Karsinogenik adalah zat atau substansi yang menyebabkan kanker atau yang meningkatan resiko terkena kanker. Selain itu, kebiasaan memelihara stres, kurang istirahat, dan tidak berolahraga dapat juga meningkatkan resiko kanker.
Salah satu cara sederhana untuk mendeteksi apakah perempuan tersebut terkena kanker payudara atau tidak adalah secara rutin setiap hari memeriksa apakah ada benjolan pada payudaranya. Jika memang ada benjolan yang semakin lama membesar atau menimbulkan nyeri, ada baiknya segera diperiksakan.
Mencegah lebih baik daripada mengobati, betul readers? :)

11 November 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar