Rabu, 07 November 2012

efek zaman (Winda Kwan)


Pengetahuan sudah semakin berkembang, bahkan penyakit psikologis yang dulu yang belum diketahui kini sudah diteliti dan dikembangkan serta semakin banyak cara-cara mengurangi efek dari penyakit tersebut, seperti gejala baby blues. Baby blues adalah Gangguan emosional yang terjadi pada wanita pasca persalinan. Biasa terjadi pada wanita yang baru melahirkan anak pertama. Dimana sang ibu biasanya mereasa mudah marah, tidak sabaran, merasa bingung sang bayi harus dibagaimanakan. Baby blues biasanya hanya terjadi pada 2 minggu pasca melahirkan. Jika gangguan emosional terjadi lebih dari 2 minggu maka sang ibu sudah dikatakan mengalami postpartum depression.
Baby blues dapat di antisipasi dengan mengikuti kelas mengasuh anak pada saat-saat kehamilan. Walaupun tidak dapat menjamin bahwa sang ibu tidak akan mengalami baby blues jika mengikuti kelas-kelas mengasuh tetapi setidaknya dapat mengurangi efek yang terjadi pada ibu. Biasanya ibu yang mengikuti kelas sebelum melahirkan hanya mengalami baby blues selama satu atau dua hari. Jika ibu tidak sempat mengikuti kelas-kelas mengasuh sebaiknya ibu yang mengalami baby blues sebaiknya mendapatkan bantuan dari lingkungan sekitar seperti bantuan dan dukungan dari suami atau ibu, sehingga tidak berdampak menjadi postpartum depression.
Selain itu perkembangan zaman memiliki efek buruk terhadap perkembangan manusia. Seperti kesadaran manusia terhadap gambaran diri mereka, dikarenakan perekembangan zaman yang maju, sekarang makanan kebanyakan adalah instan. Banyak manusia lebih menyukai makanan cepat saji, dikarenakan tidak membuang-buang waktu dan lebih murah, hal ini terjadi di barat atau western. Hal tersebut berakibat buruk pada kesehatan, terutama berat badan, pola makan yang sering mengkonsumsi makanan cepat saji lah yang membuat seseorang mengalami obesitas.
Gangguan pola makan yang menyebabkan seseorang obesitas dapat menimbulkan pola pikir untuk melakukan bulimia karena setelah dia selalu dikatakan gemuk oleh orang disekitarnya tetapi dia tetap ingin memakan makanan yang tidak sehat dia akan memikirkan berbagai cara untuk diet, seperti setelah makan langsung memuntahkan makanannya kembali atau olahraga selama berjam-jam hal ini dikenal dengan gangguan makan bulimia. Bulimia sangat tidak sehat untuk kesahatan karena dapat merusak lambung, kerongkongan bahkan gigi dikarenakan sering terkena asam lambung saat memuntahkan makanan. Jika ingin diet maka diet lah dengan sehat seperti mengatur pola makan, yaitu wajib sarapan, makan siang secukupnya dan pada malam hari makan buah-buahan atau sayur-sayuran dan hindari cemilan. Selain itu kurang tidur juga dapat menyebabkan seseorang gemuk karena metabolisme tubuh tidak dapat bekerja dengan baik jika seseorang kurang tidur.

1 November 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar