Minggu, 25 November 2012

Breast Cancer (Sylvia Kristiani)


Kanker payudara merupakan suatu penyakit yang sangat berbahaya. Penyakit tersebut dapat menyebabkan kematian dan merupakan penyakit yang cukup ditakuti oleh perempuan. Bukan hanya ditakuti oleh perempuan, penyakit tersebut juga mungkin ditakuti oleh laki-laki karena takut keluarga mereka yang perempuan terkena penyakit kanker payudara, seperti ibu, istri, atau anak mereka.

Saat menonton operasi kanker payudara di kelas Psikologi Perempuan, saya menjadi semakin mengetahui betapa mengerikannya kanker payudara. Kanker payudara dapat menyebabkan seorang perempuan kehilangan payudaranya. Walaupun payudara dapat “dibuat” dengan mengambil lemak dari daerah tubuh yang lain, tetapi hal tersebut tetap dapat berisiko bagi orang yang melakukannya.

Jika perempuan sudah terkena payudara dan kehilangan payudara, “membuat” payudara baru merupakan sebuah pilihan bagi perempuan tersebut. Seorang perempuan yang sudah menikah dan lanjut usia mungkin akan memilih untuk tidak “membuat” payudara baru, tetapi seorang perempuan yang belum menikah, akan memiliki kemungkinan lebih besar untuk “membuat” payudara baru.

Saat ini sudah banyak seminar, buku, dan penyuluhan yang membahas mengenai kanker payudara. Bahkan, iklan juga menjadi sarana informasi agar masyarakat dapat lebih mengetahui kanker payudara. Kanker payudara dapat dideteksi secara dini. Dengan begitu, pengobatan dapat dilakukan dengan lebih awal dan mencegah berkembangnya penyakit tersebut. Kanker payudara dapat dicegah dengan memiliki pola hidup yang sehat, seperti menjaga makanan yang dikonsumsi dengan tidak memakan makanan yang mengandung bahan kimia atau makanan cepat saji.

24 November 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar