Sabtu, 07 September 2013

Role of Parents dan Physical Health (Ratna Sari Dewi)

 Ini pertama kalinya saya menulis di blog, untuk mata kuliah psikologi perempuan pertemuan kedua ini saya tertarik membahas Role of Parent, pola asuh , dimana orang tua zaman sekarang memiliki kesibukan diluar mengasuh anak, dengan kata lain banyak orang tua tidak menomorsatukan menyediakan waktu untuk mendidik anak. Sebagaian dari mereka hanya menyediakan fasilitas yang untuk anak-anak mereka (seperti tablet, psp, tablet) namun tidak meluangkan waktu. Hal ini dapat mengakibatkan  physical diseases, seperti obesity dan physical disease. Sebab anak-anak tidak mendapatkan pendidikan nonformal dirumah. Mereka jarang melakukan kegiatan di luar ruangan, sehingga mengakibatkan obesitas dan penyakit-penyakit lainnya, mereka menghabiskan waktu dengan bermain dengan tablet, mereka bisa menemukan apa saja di dalamnya, ini yang menjadi salah satu yang mengakibatkan anak-anak menggunakan hampir seluruh waktunya dengan bermain tablet. Trend Mobile Internet diibaratkan sebuah medan magnet yang dapat menggaet siapapun. Kekayaan aplikasi serta fiturnya membuat siapa saja saling tertarik mendekatkan diri kesana. Aneka informasi dan hobby bisa ditemukan hanya dengan ‘tarian jemari’. Beragam aplikasi, berpuluh sosial media serta tanpa terasa semua itu lengkap dalam sebuah genggaman. Aktifitas online menggunakan smartphone kian hari kian marak. Jadi bukan keheranan lagi manakala melihat sebuah keluarga duduk dalam satu meja di sebuah tempat makan tetapi mereka tak saling bicara, mereka lebih asyik dengan gadgetnya masing-masing.
     Di samping itu banyaknya tersedia junkfood dan anak-anak saat ini mau laki-laki ataupun perempuan gemar sekali mengkonsumsinya, disamping rasanya enak, juga praktis. Sehingga menimbulkan gangguan kesehatan seperti hipertensi, jantung, asam urat, diabetes militus tipe 1, kolestrol, gagal ginjal, dan masih banyak penyakit lainnya. Tidak adanya perhatian khusus dari orangtua, betapa bahayanya mengkonsumsi junk food, ataupun makanan siap sedia, yang jelas tidak baik untuk kesehatan.

     Yang menjadi perhatian khusus untuk anak-anak perempuan yang mengkonsumsi junk food maupun junk food, banyak dari mereka tidak menyadari betapa berbahayanya mengkonsumsinya secara berlebihan, disamping mengalami obesitas, juga mengakibatkan tumbuhnya tumor disekitar payudara. Namun apakah sebagian dari mereka sadar bahwa makanan-makanan siap saji tersebutlah yang mengakibatkan timbulnya tumor tersebut, beberapa ayam cepat saji tersebut mengandung esterogen, dimana Estrogen adalah hormon wanita yang bisa merangsang haid datang lebih cepat. Estrogen atau oestrogen merupakan sekelompok senyawa steroid yang berfungsi terutama sebagai horman seks wanita. Hormon ini menyebabkan perkembangan dan mempertahankan tanda-tanda kelamin sekunder pada wanita, seperti payudara, penebalan endometrium, dan pengaturan siklus haid. oleh karena itu diperlukan peran orangtua untuk mengontrol pola perilaku dan kebiasaan anak mengkonsumsi junkfood  yang berlebihan, banyak menimbulkan kerugian. Komunikasi yang baik antara anak dan orangtua juga sangat diperlukan agar anak bisa bertanya dan bebagi.

4 September 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar