Senin, 04 November 2013

Penggunaan Gadget (Dea Audria - 705130113)

     Perkembangan teknologi dan informasi sangat cepat dari tahun ke tahun. Hal tersebut disambut baik bagi para kalangan. Bagi para pekerja kantoran mereka dapat mencari informasi tentang pekerjaan yang mereka kurang kuasai dengan menggunakan internet. Mereka dapat mencari contoh untuk laporan-laporan yang mereka harus buat. Sedangkan, bagi kalangan mahasiswa dan anak-anak sekolah media internet dapat digunakan untuk mencari perkembangan tentang apa saja yang terjadi di luar negeri sehingga mereka dapat mengikuti perkembangan tersebut. Salah satu contoh hal positif adalah anak-anak Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dapat membuat sebuah mobil karena adanya perkembangan teknologi (Wiguna, 2013).
    Hal tersebut membuat masyarakat terbiasa dengan menggunakan internet di mana pun mereka berada. Dengan begitu handphone yang dulunya hanya sebagai alat komunikasi sekarang sudah ditambahkan fitur-fitur yang hampir menyamai komputer. Bukan hanya handphone yang semakin canggih gadget pun mulai bersaing untuk mendapatkan ketertarikan pada para penggunanya (Wiguna, 2013).
Gadget
     “Gadget adalah suatu peranti atau instrumer yang memiliki tujuan dan fungsi praktis spesifik yang berguna yang umumnya diberikan terhadap sesuatu yang baru. Gadget dirancang secara berbeda dan lebih canggih dibandingkan teknologi normal yang ada pada saat penciptaannya” (Wikipedia, 2013, Para. 1). Peranti dapat diartikan dengan sebuah mesin jadi gadget adalah sebuah mesin yang memiliki fungsi yang psesifik seperti alat komunikasi.
     Perbedaan gadget dengan alat elektronik lainnya ialah unsur “kebaruan”. Artinya, gadget dari hari ke hari selalu muncul dengan teknologi terbaru untuk menyajikan kemudahan bagi para penggunanya. Contoh-contoh dari gadget, antara lain: (a) komputer, seperti notebook ataupun laptop; dan (b) smartphone, seperti blackberry serta iphone (“Apa itu gadget dan pengertian gadget,” 2013).
Dampak Penggunaan Gadget
     Dampak penggunaan gadget sangatlah beragam ada banyak sekali manfaat positif dari gadget tetapi tidak kalah dengan dampak negatif penggunaan gadget tersebut. Menurut Wiguna (2013) dampak dari penggunaan gadget sebagi berikut:
     Dampak positif penggunaan gadget. Gadget dapat digunakan untuk mecari informasi mengenai dunia luar tanpa harus menggunakan komputer. Gadget mempermudah manusia untuk mengikuti perkembangan di luar negeri maupun di dalam negeri di manapun dan kapan pun mereka inginkan. Bukan hanya dilengkapi dengan fitur-fitur menyerupai dengan komputer, tetapi juga dilengkapi dengan kamera sehingga dapat digunakan untuk mengabadikan setiap kegiatan yang dilalui penggunanya (Wiguna, 2013).
     Dampak negatif penggunaan gadget. Selain banyaknya dampak positif dari penggunaan gadget, gadget pun mempunyai dampak negatif bagi para penggunanya. Para pelajar bukan hanya menggunakan gadget untuk mencari informasi, tetapi mereka mengunakannya untuk menyalin pekerjaan orang lain dari internet tanpa mencantumkan penulis awalnya. Hal itu disebut dengan plagiarisme. Bukan hanya menyalin pekerjaan orang lain mereka juga menggunakan gadget untuk ke situs-situs terlarang sepeti pornografi (Wiguna, 2013).
Serta juga terdapat berbagai permainan yang tidak mendidik untuk anak-anak. Sekarang ini anak-anak sering sekali mempermainkan permainan yang tidak sesuai dengan umur mereka. Anak-anak yang sudah terbiasa dengan menggunakan gadget akan tidak peka dengan lingkungan di sekitarnya karena terfokus terhadap gadget tersebut (Kompas, 2012).
Pedoman Orangtua untuk Mengawasi Anak Menggunakan Gadget.
     Penggunaan gadget sekarang semakin membuat para orangtua khawatir. Anak-anak yang mulai gelisah ketika tidak menggunakan gadget selama beberapa jam adalah suatu tanda awal anak mulai ketagihan. Hal tersebut dapat membuat anak tidak peduli dengan lingkungan sekitar (kompas, 2012).
     Menurut Rahayu (2012), berikut adalah pedoman untuk para orangtua untuk mengawasi anaknya menggunakan gadget, (a) pahami berbagai permainan yang ada di perangkat gadget, (b) tempatkan gadget di luar kamar tidur, (c) berikan batasan waktu untuk menggunakan gadget, (d) dampingi anak saat menggunakan gadget, (e) berikan penjelasan penggunaan gadget, dan (e) berikan contoh teladan.
Simpulan
     Gadget sebagai alat untuk mendapatkan informasi dengan mudah yang dapat digunakan di manapun dan kapan pun. Penggunaan gadget mempunyai banyak manfaat tetapi juga memiliki dampak negatifnya. Kita dapat mencegah dampak negatif untuk penggunaan gadget tersebut.

DAFTAR PUSTAKA
Apa itu gadget dan pengertian gadget. (2013). Diunduh dari http://www.artikelbagus.com/2011/11/apa-itu-gadget-dan-pengertian-gadget.html.
Rahayu, U. S. (2012). 6 aturan penggunaan “gadget” terhadap anak. Dalam Wawa (Ed.), Kompas. Diunduh dari http://female.kompas.com/read/2012/07/17/07310656/6.Aturan.Penggunaan.Gadget.pada.Anak.
Wiguna, H. (2013). Tren gadget dikalangan remaja. Diunduh dari http://www.slideshare.net/Harits_Wiguna/artikel-tulisan-trend-gadget-dikalangan-mahasiswa.
Wikipedia. (2013). Gadget. Diunduh dari http://id.wikipedia.org/wiki/Gadget

1 November 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar