Perkembangan teknologi dan informasi
sangat cepat dari tahun ke tahun. Hal tersebut disambut baik bagi para
kalangan. Bagi para pekerja kantoran mereka dapat mencari informasi tentang
pekerjaan yang mereka kurang kuasai dengan menggunakan internet. Mereka dapat
mencari contoh untuk laporan-laporan yang mereka harus buat. Sedangkan, bagi
kalangan mahasiswa dan anak-anak sekolah media internet dapat digunakan untuk
mencari perkembangan tentang apa saja yang terjadi di luar negeri sehingga
mereka dapat mengikuti perkembangan tersebut. Salah satu contoh hal positif
adalah anak-anak Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dapat membuat sebuah mobil
karena adanya perkembangan teknologi (Wiguna, 2013).
Hal tersebut membuat masyarakat terbiasa
dengan menggunakan internet di mana pun mereka berada. Dengan begitu handphone yang dulunya hanya sebagai
alat komunikasi sekarang sudah ditambahkan fitur-fitur yang hampir menyamai
komputer. Bukan hanya handphone yang
semakin canggih gadget pun mulai
bersaing untuk mendapatkan ketertarikan pada para penggunanya (Wiguna, 2013).
Gadget
“Gadget
adalah suatu peranti atau instrumer yang memiliki tujuan dan fungsi praktis
spesifik yang berguna yang umumnya diberikan terhadap sesuatu yang baru. Gadget dirancang secara berbeda dan
lebih canggih dibandingkan teknologi normal yang ada pada saat penciptaannya” (Wikipedia,
2013, Para. 1). Peranti dapat diartikan dengan sebuah mesin jadi gadget adalah sebuah mesin yang memiliki
fungsi yang psesifik seperti alat komunikasi.
Perbedaan gadget dengan alat elektronik lainnya ialah unsur “kebaruan”.
Artinya, gadget dari hari ke hari
selalu muncul dengan teknologi terbaru untuk menyajikan kemudahan bagi para
penggunanya. Contoh-contoh dari gadget,
antara lain: (a) komputer, seperti notebook
ataupun laptop; dan (b) smartphone, seperti blackberry serta iphone (“Apa itu gadget dan pengertian gadget,” 2013).
Dampak Penggunaan Gadget
Dampak penggunaan gadget sangatlah beragam ada banyak sekali manfaat positif dari gadget tetapi tidak kalah dengan dampak
negatif penggunaan gadget tersebut.
Menurut Wiguna (2013) dampak dari penggunaan gadget sebagi berikut:
Dampak
positif penggunaan gadget. Gadget dapat digunakan untuk mecari
informasi mengenai dunia luar tanpa harus menggunakan komputer. Gadget mempermudah manusia untuk
mengikuti perkembangan di luar negeri maupun di dalam negeri di manapun dan
kapan pun mereka inginkan. Bukan hanya dilengkapi dengan fitur-fitur menyerupai
dengan komputer, tetapi juga dilengkapi dengan kamera sehingga dapat digunakan
untuk mengabadikan setiap kegiatan yang dilalui penggunanya (Wiguna, 2013).
Dampak
negatif penggunaan gadget. Selain banyaknya dampak positif dari penggunaan gadget, gadget pun mempunyai
dampak negatif bagi para penggunanya. Para pelajar bukan hanya menggunakan gadget untuk mencari informasi, tetapi
mereka mengunakannya untuk menyalin pekerjaan orang lain dari internet tanpa
mencantumkan penulis awalnya. Hal itu disebut dengan plagiarisme. Bukan hanya
menyalin pekerjaan orang lain mereka juga menggunakan gadget untuk ke situs-situs terlarang sepeti pornografi (Wiguna,
2013).
Serta
juga terdapat berbagai permainan yang tidak mendidik untuk anak-anak. Sekarang
ini anak-anak sering sekali mempermainkan permainan yang tidak sesuai dengan
umur mereka. Anak-anak yang sudah terbiasa dengan menggunakan gadget akan tidak peka dengan lingkungan
di sekitarnya karena terfokus terhadap gadget
tersebut (Kompas, 2012).
Pedoman Orangtua untuk Mengawasi Anak
Menggunakan Gadget.
Penggunaan gadget sekarang semakin membuat para
orangtua khawatir. Anak-anak yang mulai gelisah ketika tidak menggunakan gadget selama beberapa jam adalah suatu
tanda awal anak mulai ketagihan. Hal tersebut dapat membuat anak tidak peduli
dengan lingkungan sekitar (kompas, 2012).
Menurut Rahayu (2012), berikut adalah
pedoman untuk para orangtua untuk mengawasi anaknya menggunakan gadget, (a) pahami berbagai permainan
yang ada di perangkat gadget, (b)
tempatkan gadget di luar kamar tidur,
(c) berikan batasan waktu untuk menggunakan gadget,
(d) dampingi anak saat menggunakan gadget,
(e) berikan penjelasan penggunaan gadget,
dan (e) berikan contoh teladan.
Gadget
sebagai alat untuk mendapatkan informasi dengan mudah yang dapat digunakan di
manapun dan kapan pun. Penggunaan gadget mempunyai
banyak manfaat tetapi juga memiliki dampak negatifnya. Kita dapat mencegah
dampak negatif untuk penggunaan gadget tersebut.
DAFTAR PUSTAKA
Apa itu gadget dan
pengertian gadget. (2013). Diunduh dari http://www.artikelbagus.com/2011/11/apa-itu-gadget-dan-pengertian-gadget.html.
Rahayu, U. S. (2012). 6 aturan penggunaan “gadget”
terhadap anak. Dalam Wawa (Ed.), Kompas.
Diunduh dari http://female.kompas.com/read/2012/07/17/07310656/6.Aturan.Penggunaan.Gadget.pada.Anak.
Wiguna, H.
(2013). Tren gadget dikalangan remaja.
Diunduh dari http://www.slideshare.net/Harits_Wiguna/artikel-tulisan-trend-gadget-dikalangan-mahasiswa.
Wikipedia. (2013). Gadget.
Diunduh dari http://id.wikipedia.org/wiki/Gadget. 1 November 2013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar