Selasa, 05 November 2013

Motivasi Belajar (Fena Feliana - 705130049)

Definisi Motivasi
     Motivasi adalah dorongan pada individu bisa secara sadar dan tidak sadar dalam melakukan hal tertentu dengan adanya tujuan yang ingin dicapai (“Definisi motivasi”, n.d.). Jadi, motivasi adalah bentuk dari dorongan yang ada pada individu. Motivasi tersebut terarah kepada tujuan pada tiap-tiap individu.


Definisi Belajar

Skinner (dikutip dalam Hapid, 2012) mengemukakan bahwa belajar adalah kaitan antara stimulus dengan respon yang diperoleh melalui  tingkah laku secara progresif. Surya (dikutip dalam Hapid, 2012) mengemukakan bahwa belajar adalah tahap didalam individu untuk adanya perubahan perilaku yang baru dalam hubungannya dengan lingkungan. Jadi, belajar adalah salah satu proses yang memiliki kaitan terhadap tingkah laku dan lingkungan sekitar untuk mencapai kemajuan.

 
Jenis-jenis Belajar                                                                

Belajar kontiguitas. “Belajar dalam bentuk ini tidak memerlukan hubungan stimulus tak terkondisi dengan respon. Asosiasi dekat (contiguous) sederhana antara stimulus dan respon dapat menghasilkan suatu perubahan dalam perilaku individu” (Hapid, 2012). Jadi, hubungan stimulus dan respon merupakan hal yang menciptakan adanya perubahan tingkah laku individu dalam belajar kontiguitas.

Belajar observasional. Belajar jenis observasional diperoleh dengan adanya pengamatan terhadap perilaku yang dilakukan orang lain. Melalui pengamatan tersebut, seseorang akan belajar terhadap apa yang dilihatnya.  (Hapid, 2012). Jadi, kejadian yang dilihat tersebut dapat menjadi pembelajaran bagi individu.

 
Faktor-faktor yang Mendukung Motivasi Belajar

Faktor internal.  Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari dalam diri seseorang (Suprapto, 2009). Faktor-faktor internal tersebut adalah:

     Keadaan jasmani. Fisik yang sehat berdampak positif bagi kegiatan belajar. Keadaan fisik yang tidak sehat memberikan dampak kurang baik dalam belajar (Suprapto, 2009). Oleh karena itu, keadaan jasmani seseorang harus diperhatikan untuk menunjang proses belajar.

     Keadaan fungsi fisiologis. Panca indera memiliki peranan dalam belajar, terutama mata dan telinga. Panca indra yang berfungsi dengan baik akan mempermudah aktivitas belajar Oleh karena itu, diperlukan kesehatan mata dan telinga agar individu dapat belajar melalui proses yang baik (Suprapto, 2009).

Faktor eksternal. Faktor eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar diri individu. Beberapa aspek dalam faktor eksternal yaitu lingkungan sosial dan lingkungan nonsosial.

Lingkungan sosial. Keluarga dengan situasi yang harmonis akan memberikan pengaruh bagi anak yaitu anak cenderung dapat belajar dengan baik. Lingkungan sekolah hendaknya memberikan contoh sikap yang baik bagi pembelajaran anak. Situasi lingkungan masyarakat yang kurang mencukupi akan membawa dampak yang buruk dalam belajar (Suprapto, 2009).

Lingkungan nonsosial. Aspek lingkungan nonsosial yaitu (a) lingkungan alamiah, (b) faktor instrumental, dan (c) faktor materi pembelajaran. Ketiga aspek lingkungan nonsosial tersebut mendukung motivasi belajar individu. Hal ini disebabkan ketiga aspek ini saling berkaitan satu dengan yang lain dalam pembelajaran seseorang (Suprapto, 2009).

 
Manfaat Motivasi Dalam Belajar

Dengan adanya motivasi, individu akan tergerak untuk belajar dengan lebih tekun. Selain itu, motivasi dalam belajar menjadi hal yang penting guna meningkatkan kembali semangat belajar. Tidak semua orang memiliki motivasi yang tinggi. Orang dengan motivasi belajar yang tinggi cenderung mendapatkan penghargaan yang bernilai.
 

Daftar Pustaka
Definisi motivasi. Diunduh dari http://artikata.com/arti-341347-motivasi.html

Hapid. (2012). Pengertian belajar, ciri, jenis, bentuk serta alat yang digunakan dalam mengajar. Diunduh dari http://hapidzcs.wordpress.com/2012/10/03/pengertian-belajar-ciri-jenis-bentuk-serta-alat-yang-digunakan-dalam-mengajar/

Suprapto, E. (2009). Faktor-faktor yang memengaruhi proses belajar. Diunduh dari http://ekosuprapto.wordpress.com/2009/04/18/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-proses-belajar/

1 November 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar