Selasa, 05 November 2013

Motivasi Kerja (Yobel E. H. Halim - 705130115)

Definisi Kerja
     Dalam KBBI (n.d.) kerja merupakan “sesuatu yg dilakukan untuk mencari nafkah dan sebagai mata pencaharian”.  Kerja merupakan bagian sentral di dalam kehidupan manusia. Dengan pikiran dan tubuhnya, manusia mengorganisir pekerjaan, membuat benda-benda yang membantu pekerjaannya tersebut, dan menentukan tujuan akhir dari kerja nya ( Wattimena, 2011).
Cara Meningkatkan Kinerja
     Kinerja yang baik adalah kinerja yang mengikuti tata cara atau prosedur sesuai standar yang telah ditentukan. Kita harus mengikuti apa yang menjadi ketentuan dari suatu organisasi. Untuk meningkatkan kinerja yang baik harus introspeksi diri demi tercapainya kinerja yang lebih baik.
Setiap pekerjaan harus memiliki manajemen agar dapat mengontrol dan menjamin mutu dan kualitas karyawan dan organisasi/ perusahaan tersebut (Kemdiknas, 2012).
     Tanpa disadari mungkin di setiap kantor/tempat kerja ada pihak yang mau menang dan benar sendiri, akan tetapi pihak manajemen juga tidak bisa menyalahi bawahannya. Untuk itulah pihak manajemen terkait mesti turun langsung kelapangan agar bisa melihat bagaimana menciptakan teknik yang baik serta meningkatkan loyalitas karyawan terhadap kantor dan pekerjaannya (Kemdiknas, 2012).
     Menurut Destriana (2012) ada beberapa cara unik meningkatkan kinerja yaitu (a) tahu pesaing, (b) tingkatkan terus kualitas, (c) berani berinvestasi, (d) pelajari pasar global, (e) menguasai peluang kerja anda, dan (f) menulis blog dan pantau kemajuan anda. Pertama, tahu pesaing anda dengan mengenali orang lain yang unggul dalam posisi yang sama dengan anda. Jangan biarkan atasan menentukan standar kinerja pada anda. Kita juga harus dapat bersaing dengan pesaing kita. Kedua, tingkatkan kualitas kerja dengan bekerja terus menerus dengan apa yang sesuai dengan kemampuan anda. Ketiga, berani berinvestasi. Anda harus berani untuk menantang diri Anda dengan sesuatu yang baru, misalnya, membuka usaha kecil. Kita harus dapat berinvestasi untuk pemasukan keuangan yang lebih lagi. Keempat, Pelajari pasar global. Buka cakrawala dan wawasan Anda dengan selalu up date berita tentang pasar global. Hal itu dapat membantu Anda menjadi lebih peka dan pintar untuk mengatur strategi dalam meningkatkan kinerja. Kelima, Menguasai peluang kerja Anda Latihlah diri Anda untuk melihat peluang dan lakukan eksekusi secara nyata. Anda harus konsisten dalam melihat peluang baru untuk tumbuh. Keenam, Menulis blog dan pantau kemajuan Anda Untuk memantau kemajuan Anda, Anda harus menulis tentang kesuksesan, tantangan, dan pelajaran yang Anda terima. Jadi, gunakan blog sebagai alat untuk mencatat kemajuan Anda. Blog tersebut tak harus Anda publikasikan, hanya cukup Anda pakai sebagai alat pemantau saja. Tulis semua rencana dan apa pun yang penting tentang masa depan Anda.

DAFTAR PUSTAKA
Definisi kerja. (n.d.). Diunduh dari: http://kamusbahasaindonesia.org/kerja/mirip#ixzz2jMMl2Clj.
Destriana. (2012). 6 cara unik meningkatkan performa kerja. Diunduh dari:
Meningkatkan kinerja kerja yang baik dalam tempat kerja/kantor. (2012). Diunduh dari:
Wattimena, R. A. A (2011). Diunduh dari: www.rumahfilsafat.com

1 November 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar