Definisi
Kerja
Dalam KBBI (n.d.)
kerja merupakan “sesuatu yg dilakukan untuk mencari nafkah dan sebagai mata
pencaharian”. Kerja merupakan bagian
sentral di dalam kehidupan manusia. Dengan pikiran dan tubuhnya, manusia
mengorganisir pekerjaan, membuat benda-benda yang membantu pekerjaannya
tersebut, dan menentukan tujuan akhir dari kerja nya ( Wattimena, 2011).
Cara Meningkatkan Kinerja
Kinerja yang baik adalah kinerja yang
mengikuti tata cara atau prosedur sesuai standar yang telah ditentukan. Kita
harus mengikuti apa yang menjadi ketentuan dari suatu organisasi. Untuk
meningkatkan kinerja yang baik harus introspeksi diri demi tercapainya kinerja
yang lebih baik.
Setiap pekerjaan harus
memiliki manajemen agar dapat mengontrol dan menjamin mutu dan kualitas
karyawan dan organisasi/ perusahaan tersebut (Kemdiknas, 2012).
Tanpa disadari mungkin di setiap kantor/tempat kerja ada pihak yang mau menang dan benar sendiri, akan tetapi pihak manajemen juga tidak bisa menyalahi bawahannya. Untuk itulah pihak manajemen terkait mesti turun langsung kelapangan agar bisa melihat bagaimana menciptakan teknik yang baik serta meningkatkan loyalitas karyawan terhadap kantor dan pekerjaannya (Kemdiknas, 2012).
Tanpa disadari mungkin di setiap kantor/tempat kerja ada pihak yang mau menang dan benar sendiri, akan tetapi pihak manajemen juga tidak bisa menyalahi bawahannya. Untuk itulah pihak manajemen terkait mesti turun langsung kelapangan agar bisa melihat bagaimana menciptakan teknik yang baik serta meningkatkan loyalitas karyawan terhadap kantor dan pekerjaannya (Kemdiknas, 2012).
Menurut Destriana (2012) ada beberapa cara
unik meningkatkan kinerja yaitu (a) tahu pesaing, (b) tingkatkan terus
kualitas, (c) berani berinvestasi, (d) pelajari pasar global, (e) menguasai
peluang kerja anda, dan (f) menulis blog dan pantau kemajuan anda. Pertama,
tahu pesaing anda dengan mengenali orang lain yang unggul dalam posisi yang
sama dengan anda. Jangan biarkan atasan menentukan standar kinerja pada anda.
Kita juga harus dapat bersaing dengan pesaing kita. Kedua, tingkatkan kualitas
kerja dengan bekerja terus menerus dengan apa yang sesuai dengan kemampuan
anda. Ketiga, berani berinvestasi. Anda
harus berani untuk menantang diri Anda dengan sesuatu yang baru, misalnya,
membuka usaha kecil. Kita harus dapat berinvestasi untuk pemasukan keuangan
yang lebih lagi. Keempat, Pelajari pasar global.
Buka cakrawala dan wawasan Anda dengan selalu up date berita tentang pasar
global. Hal itu dapat membantu Anda menjadi lebih peka dan pintar untuk
mengatur strategi dalam meningkatkan kinerja. Kelima, Menguasai peluang kerja Anda Latihlah diri Anda untuk
melihat peluang dan lakukan eksekusi secara nyata. Anda harus konsisten dalam
melihat peluang baru untuk tumbuh. Keenam, Menulis blog
dan pantau kemajuan Anda Untuk memantau kemajuan Anda, Anda
harus menulis tentang kesuksesan, tantangan, dan pelajaran yang Anda terima.
Jadi, gunakan blog sebagai alat untuk mencatat kemajuan Anda. Blog tersebut tak
harus Anda publikasikan, hanya cukup Anda pakai sebagai alat pemantau saja.
Tulis semua rencana dan apa pun yang penting tentang masa depan Anda.
DAFTAR
PUSTAKA
Destriana. (2012). 6 cara unik meningkatkan performa kerja.
Diunduh dari:
Meningkatkan
kinerja kerja yang baik dalam tempat kerja/kantor. (2012). Diunduh dari:
http://itjen.kemdiknas.go.id/berita-116-meningkatkan-kinerja-yang-baik-dalam-tempat-kerjakantor.html.
Wattimena,
R. A. A (2011). Diunduh dari: www.rumahfilsafat.com1 November 2013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar