Selasa, 25 Maret 2014

Wawancara dengan praktisi psikologi (Shella Tjhia)



Menurut Ivey, Ivey, & Zalaguett (2010) wawancara adalah proses paling dasar untuk mengumpulkan informasi, penyelesaian masalah, dan informasi psikososial. Salah satu perbedaan wawancara dengan percakapan biasa adalah wawancara bertujuan mengumpulkan informasi, membangun hubungan, memperbesar pemahaman pewawancara dan klien terhadap masalah tingkah laku, memberikan dukungan dan arahan dalam membantu klien menangani masalah tingkah laku. 


Pada beberapa waktu lalu saya dan teman-teman kelompok saya melakukan wawancara dengan psikolog klinis dewasa. Pada saat itu kami mengajukan beberapa pertanyaan kepada Beliau yang diantaranya mengenai pengertian wawancara menurut Beliau serta kelebihan dan kekurangannya.
Menurut  Beliau wawancara adalah salah satu teknik untuk melakukan pemeriksaaan kepada pasien yang tujuannya untuk menggali informasi atau data yang dibutuhkan dari pasien yang nantinya informasi atau data tersebut untuk membantu menegakkan diagnosa. Menurut Beliau banyak sekali kelebihan dari wawancara karena dengan wawancara otomatis dapat menggali informasi dari orang yang bersangkutan selain itu juga dengan wawancara dapat sekaligus mengobservasi gerak-gerik orang yang bersangkutan, sedangkan kekurangannya menurut beliau adalah ketika kurang memiliki keterampilan dalam wawancara akan sulit untuk menghadapi pasien yang pendiam karena sulit untuk menggali informasinya.

15 Maret 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar