psikologi sekolah dan pendidikan (psychology for the classroom and educational psychology)
merupakan kajian tentang perilaku peserta didik di sekolah yang substansinya merupakan gabungan psikologi perkembangan anak, psikologi pendidikan, dan psikologi klinis yang berhubungan dengan setiap anak untuk evaluasi kegiatan belajar dan emosi, memberikan dan menafsirkan, hasil tes inteligensi, hasil tes belajar, dan tes kepribadian yang merupakan sebagian dari tugas mereka. sedangkan untuk psikolgi pendidikan merupakan kajian tentang perilaku dalam bidang proses belajar mengajar. dalam hal ini guru dapat mengadakan penelitian pendidikan yang dapat membantu meningkatkan kualitas pembelajaran bagi gurunya maupun hasil belajar peserta didiknya.
contoh psikologi di sekolah salah satunya adalah guru bimbingan konseling atau guru BK. namun untuk menjadi seorang guru BK di beberapa sekolah tidak mengharuskan guru BK merupakan lulusan psikologi. sehingga terkadang guru BK kurang memahami teori-teori mengenai psikologi pendidikan dan kurang memahami apa yang seharusnya mereka lakukan. sehingga membuat pelajaran konseling menjadi membosankan dan anak-anak menjadi tidak perduli dengan pelajaran tersebut.
tugas menjadi guru BK tidaklah mudah. menjadi guru BK merupakan pekerjaan yang berat. ketika seorang guru atau murid memiliki masalah di sekolah guru BK biasanya menjadi tempat untuk bercerita masalah yang dihadapi. ketika murid memiliki masalah dalam hal prestasi atau perilakunya, tugas guru BK biasanya adalah menemukan anak tersebut dan menyelesaikan masalah anak tersebut agar anak tersebut dapat berubah. namun yang lebih berat adalah ketika seorang guru BK memiliki masalah, ketika berada dalam sekolah ia harus bersikap profesional.
12 Maret 2014