Senin, 31 Maret 2014

Sosial History (Ratu Desniar Ayu Rekayani)

Sosial history bisa di lakukan dengan tertulis atau melalui cara langsung yaitu wawancara, sosial history merupakah salah satu cara untuk mengetahui bahwa seseorang atau sesuatu yang terjadi memberikan kontribusi pada munculnya permasalahan pada interviewee. Harus di sadari bahwa terkadang hal-hal yang di ceritakan oleh klien terkesan simple tanpa fisadari bahwa hal-hal tersebut menjadi pengaruh yang besar bagi permasalahan klien.


Area of social history :
» FAMILY HISTORY
masalah tempat tinggal kkien terkadang memberi pengaruh terhadap permasalahan klien misalnya klien terbiasa tinggal di lingkungan yang bertetangga kemudia harus pindah kesebuah rumah besar yang lingkungan sekitar nya jarang bertetangga karena penghuni nya sibuk bekerja. Hal ini bisa menjadi timbilnya permasalahan dalam diri klien.
pola komunikasi misalnya komunikasi antara ayah dan ibu,ibu dengan anak atau ayah dengan anak juga bisa menimbulkan suatu masalah pada pribadi seseorang. Misalnya saja seseirang yang sudah berumh tangga, sering terjadi konflik dengan pasangannya akibat pola komunikasi nya yang kurang baik hal itu bisa kita lihat dari cara diri nya berkomunikasi dengan lingkungan keluar nya seperti dengan ayah atau ibu nya. sebab hal itu dapat menjadi cerminan dari diri nya. Walaupun tidak bisa dengan mudah kita menyimpulkan harus di perdalam lagi untuk mengetahui faktor-faktor yang lainnya.
konflik dalam keluarga,seberapa sering konflik itu yerjadi di dalam suatu keluarga tersebut. Masalah budaya juga faoat ditanyakan karena budaya seseorang dengan budaya yang lainnya memiliki cara yabg berbeda,norma budaya yang berbeda-beda juga terkadang hal tersebut menjadi pemicu terjadinya permasalahan.
» EDUCATION HISTORY
tanyakan peristiwa-peristiwa tertentu yang membuat nya senang misalnya prestasi apa yang di dapat dari semasa sekolah nya. Apresiasi apa yang di dapat dari lingkungan sekitarnya.
» OCCUPATIONAL TRAINING /jobs history
hindari pertanyaan interviewer menanyakan pekerjaan subyek dengan kalimat yang menyinggung (terlebih jika subyek ternyata tidak bekerja) .
lingkungan tempat subyek bekerja. jika subyek bekerja,tanyakan pernah bekerja di mana saja. Jika subyek beberapa kali pernah berpindah-pindah kerjaan bisa di tanyakan berapa lama bekerja di perusahaan satu dan yang lainnya. jika rentang waktu nya 3 bulan bisa kita khawatirkan ada apa dengan sosialisasi subyek atau kinerja nya sehinggal dia sering sekali berpindah-pindah dari satu ke tempat lainnya dan dapat mencari tahu mengapa kantor tidak memperpanjang kontraknya.
» MARITAL HISTORY
tanyakan kepada klien apakah pernah menikah,jika iya berapa kali melakukan pernikahan. Kemudian misalnya jika klien pernah bercerai biasanya pada satu pola permasalahan perceraian satu dan yang kedua atau ketiga memiliki permasalahan dengan konteks yang sama hanya saja tipe atau kronologis permasalahannya yang berbeda tapi mazih dalam pola yang sama. Misalnya komunikasi.
» INTERPERSONAL RELATIONSHIP
setiap klien biasanya memiliki teman yang dapat di percaya nya untuk bercerita tentang masalah masalahnya. Hubungan dengan orang lain juga daoat di tanyakan.
» RECREATIONAL PREFERENCE
Tanyakan kegiatan yang disukai,seberapa sering kegiatan tersebut klien lakukan. karena sehebat-hebatnya orang yang mencintai pekerjaannya juka menyukai refreshing, seseorang yang tidak pernah refreshing akan mengalami tingkat stress yang tinggi.
» SEXUAL HISTORY
pada sexual history karena ini adalah hal yang sensitif tanyakan hal ini jika perlu saja, jika sekiranya tidak perlu, tidak perlu di tanyakan. Terlebih jika pembinaan rapport nya baik, jika tidak baik klien akan merasa tersinggung jika di tanyakan tentang sexual atau dapat menghancurkan proses wawancara. Jadi yakinkan terlebih dahulu jika hubungan antara interviewer dengan interviewee sudah bagus.
»MEDICAL HISTORY
tanyakan pernah mengalami rawat inap atau tidak. Dalam medical history mengapa hal ini perlu untuk di tanyakan. misalnya saja ada wanita yang mengalami percaya diri yang rendah ternyata hal tersebut berawal karena wanita tersebut mengalami kangker rahim sehingga rahimnya harus di angkat. hal ini dapat membuat wanita tersebut manjadi seseorang yang tidak berharga.
Obat-obatan yang pernah di minum apa saja. Seorang wanita yang mengkonsumsi obat hormon akan menjadi gemuk sehingga wanita tersebut menjadi kurang percaya diri.
» PSYCHIATRY /Psychoteraphy history
jika klien pernah ke psikiatri, interviwer bisa meminta rekap medisnya, kemudia obat apa saja yang pernah di berikan. Dengan itu daoat di ketauhi sebelum datang kepada interviewer seberapa beratkan masalah yang di alami oleh interviewee.
» LEGAL HISTORY
kasus-kasus yang menyangkut dengan hukum
» ALCOHOL AND CAFFEIN CONSUMPTION
seberapa banyak klien mengkonsumsi nya. Dalam satu hari berapa gelas.

24 Maret 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar