Rabu, 26 Maret 2014

Catatan dalam Kelas: Bidang Psikologi (M. Yudha)


     Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari perilaku dan proses mental. Menjadi psikolog merupakan salah satu bidang pekerjaan yang menarik. Kenyataannya , sebagian masyarakat memiliki persepsi tentang orang-orang yang mempelajari psikologi. “awas jangan dekat-dekat mereka, nanti kamu dibaca lohh..”. Biasanya pernyataan ini terlontar saat seorang psikolog / individu yang mengambil jurusan psikologi berkumpul dengan rekan yang tidak cukup mengetahui tentang apa sebenarnya yang orang psikologi pelajari.
     Faktanya psikolog bukanlah orang yang dapat membaca bagaimana kepribadian, kebiasaan, dan mengetahui apa saja permasalahan yang anda miliki. Mereka bukandukun/paranormal atau sebagainya. Psikolog merupakan bidang pekerjaan yang ilmiah, yang dapat dipertanggung jawabkan ilmunya. Orang yang mempelajari bidang psikologi mempelajari banyak hal. Tidak hanya bidang klinis dan konseling, melainkan mencakup bidang-bidang lain seperti pendidikan dan juga industri & organisasi. Berikut ini sedikit gambaran tentang psikolog yang bergerak pada bidang-bidang tertentu.
     Psikolog klinis, pekerjaan ini merupakan berfokus pada penanganan, penganalisisan, dan diagnosa penyakit-penyakit jiwa. Lahan kerja Psikologi klinis meliputi banyak hal, mulai dari kelainan emosi jangka pendek, seperti konflik keluarga, hingga kelainan mental yang sangat parah seperti schizophrenia. Pembagian klinis ini juga terbagi dalam bidang tertentu, seperti klinis anak dan klinis dewasa. Psikolog klinis anak, merupakan bidang psikologi klinis yang menangani anak-anak. Mulai umur 4 tahun hingga masa pubertas 12tahun. Penanganan klinis anak tidak sepenuhnya kemauan dari anak, biasanya psikolog anak menangani kasus yang disadari orang tua terhadap anaknya, seperti kasus anak yang memiliki kecenderungan ADHD (attention Deficit Hyperactivity Disorder), yakni gangguan perkembangan dalam peningkatan aktivitas motorik anak-anak hingga menyebabkan aktivitas anak-anak yang tidak lazim dan cenderung berlebihan.
     Psikolog klinis dewasa. Pekerjaan ini adalah cabang ilmu psikologi yang yang bergerak pada bidang menangani permasalahan orang dewasa. Umumnya klinis dewasa menangani masalah psikologis di panti-panti sosial atau rumah sakit. Namun, bidang ini dapat juga menangani masalah well-being (kesejahteraan) individu.

 
     Psikolog pendidikan. Jika yang terlintas pada diri anda psikolog pendidikan contonya adalah guru BK anda tidak salah. Bidang ini merupakan ranah psikologi yang bergerak pada bidang pendidikan seperti memberikan konseling pada anak-anak sekolah. Biasanya sekolah memiliki guru BK untuk menangani dan memberi pengarahan pada siswa-siswi. Namun psikolog pendidikan juga turut andil dalam pembuatan kurikulum pendidikan. Saran untuk sekolah-sekolah yang mempekerjakan guru BK adalah tidak memberikan jam mengajar untuk jabatan ini, dikarenakan akan ada bias penilaian bagi siswa-siswi yang melakukan konseling tentang permasalahan dirinya
     Psikolog industri dan organisasi.  Pekerjaan ini merupakan pengembangan ilmu psikologi yang terlibat dalam bidang perusahaan dan organisasi. Pekerjaa dalam bidang ini biasanya disebut HRD (Human Resource Development). Bidang pekerjaan ini meliputi beberapa bagian yakni recruitment, development, compensation & benefit, dan training.Psikolog bidang industri dan organisasi menjadi cabang pekerjaan psikologi yang cukup menarik untuk digeluti. Karena bidang perusahaan ini fokus pada perekrutan SDM, pengembangan SDM, pengolahan kompensasi SDM, dan juga pelatihan SDM. Bekerja dalam wilayah perusahaan adalah salah satu pilihan yang cukup baik untuk berkarir bagi mereka yang telah lulus pendidikan S1 Psikologi.



8 Maret 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar