Jumat, 28 Maret 2014

Industrial and Organizatonal Psychology (Willy Lie)

Pada 2 minggu pertemuan di kelas Teknik Wawancara

Saya dan teman-teman membahas tentang berbagai bidang lanjutan dari psikologi
Bidang-bidang yang dibahas adalah bidang klinis anak dan dewasa, bidang pendidikan, dan bidang industri organisasi. Kebetulan kelompok kami membahas tentang bidang industri organisasi.

Saya dan teman-teman kelompok saya mendapatkan kesempatan mewawancarai seorang praktisi bidang industri organisasi kebetulan subyek kami adalah seorang lulusan psikologi. Ia bekerja selama 2 tahun dibidang senior staff recruitment. Subyek sangat ramah dan terbuka dengan kami, ia juga tidak segan mengobrol dengan kami.

Saya akan memaparkan hasil wawancara kami disini 
Menurut subyek wawancara adalah hal yang sangat penting, yang dilakukan oleh dua individu. Selain itu, terjadi percakapan yang saling berbalas, dengan kondisi dua orang yang saling berbicara, dan menggali sesuatu masalah.

Subyek mengaplikasikan wawancara sebagai alat utama dalam merekrut seorang karyawan disamping alat test. Bagi subyek wawancara dapat menggali berbagai hal diluar dari alat test, dan menurutnya wawancara juga mencegah ataupun menguranggi kesempatan seseorang untuk berbohong

Kelebihan wawancara menurut subyek adalah Kita dapat mengetahui orang lebih dalam, apa yang tidak kelihatan kita bisa tahu sehingga pendekatan emosional menjadi lebih kuat. Kita juga  dapat mengetahui orang tersebut memiliki kelebihan di bidang mana dan bagaimana karakteristik orang tersebut.

Kekurangan wawancara menurut subyek adalah jumlah waktu yang dibutuhkan untuk mengali data seseorang sehingga efisiensi menjadi menurun

Kendala yang sering dialami subyek adalah ketika ia harus melakukan wawancara terhadap seorang yang introvert dan sangat menutup diri. Sehingga saat melakukan wawancara calon karyawan tersebut tidak menunjukan sedikitpun respon lain kecuali jawaban dari pertanyaan yang diberikan subyek. Cara subyek menghadapinya adalah dengan memberikan pertanyaan yang memaksanya membuka diri seperti meminta orang tersebut menceritakan tentang dirinya sendiri.

10 Maret 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar