Minggu, 30 September 2012

Tips-tips untuk membina rapport dan empati bagi pewawancara (Florencia Irena Salim)


Berikut adalah tips-tips yang dapat digunakan bagi para interviewer agar dapat membina hubungan yang baik dengan klien.

1. Beri Kesan Pertama yang Baik

“Anda tidak akan mempunyai kesempatan kedua untuk membuat kesan pertama” – Will Rogers

Setiap orang pasti akan langsung menilai beberapa kepribadian orang yang baru pertama kali ditemui. Sebuah kesan langsung tercipta kepada kita hanya dalam waktu beberapa saat, walaupun hanya dari penampilan. Itulah pentingnya kesan pertama. Berpakaian yang rapi, sopan dan bersih

2. Berikan citra adanya karisma yang kuat

Dengan menunjukan aura karisma yang kuat, klien akan lebih me-respect anda, dan klien pun akan lebih segan sehingga apa yang anda ucapkan akan didengarkan dengan seksama.

3. Gunakan bahasa yang mudah dimengerti

Dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti, interviewee akan merasa nyaman berbicara dengan kita, sehingga komunikasi yang terjalin akan menjadi lebih baik. Selain itu body languange yang kita tunjukan sangat berpengaruh, dengan menunjukan kepercayaan diri, tentunya klien akan lebih percaya kepada kita.
Body Languange yang berpengaruh, diantaranya adalah mengatur dan mengendalikan cara duduk, cara menatap lawan bicara, cara berbicara, dll

4. Tunjukan Rasa Peduli (Empati)

Empati termasuk kemampuan untuk merasakan keadaan emosional orang lain, merasa simpatik dan mencoba menyelesaikan masalah, dan mengambil perspektif orang lain.
cara menunjukan empati adalah mendengarkan dengan baik apa yang diucapkan klien, dengan itu anda akan dapat meresapi dan merasakan apa yang dialami klien.

26 September 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar