Jumat, 21 September 2012

Tips Membina Rapport & Mengembangkan Empati (Dewi Mulia Rengganis)


Tips Membina Rapport yang Baik :

1.    Memberikan kesan atau bersikap yang ramah pada klien pada saat pertama kali (contoh : memberi senyuman).

2.    Memberikan lebih banyak kesempatan klien untuk bicara.

3.    Memberikan tanggapan yang sesuai dengan pembicaraan klien (tidak dilebih-lebihkan atau terlalu datar).

4.    Memfokuskan perhatian pada klien agar klien merasa dihargai.

5.    Mengikuti bahasa dari klien (bahasa disesuaikan dengan klien).

6.    Memberikan kenyamanan (kondisi ruangan, posisi berbicara, dll.) untuk klien.

Tips Mengembangkan Rasa Empati :

1.    Berusaha berpikir dan merasakan perasaan dari sudut pandang orang lain atau klien.

2.    Menyadari setiap individu unik (memiliki nilai dan sudut pandang yang berbeda).

3.    Menyadari setiap orang butuh untuk diperhatikan/dihargai, termasuk diri kita sendiri.

4.    Memperlakukan seseorang sebaik kita memperlakukan diri sendiri.

5.    Menganggap semua manusia mempunyai derajat yang sama.

6.    Hindari menyimpulkan (generalisasi) dari satu hal atau sisi seseorang saja.

7.    Mengosongkan/menyingkirkan pemikiran di kepala sebelum mendapat informasi yang sesuai.

19 September 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar