Kamis, 20 September 2012

Tips Membina Rapport dan Berempati (Abdiel Putra)


    Menurut saya,  tips membina rapport yang baik dengan klien kita pada saat kita wawancarai adalah bagaimana cara kita mebuat klien kita merasa nyaman terlebih dahulu sebelum kita mulai ajak berbicara, setelah klien kita sudah merasa nyaman dengan kita, kita mulai bicara, tetapi jangan langsung masuk ke dalam topik yang ingin kita bahas. Mungkin kita coba berbicara santai saja terlebih dahulu mungkin menanyakan  kabar klien tersebut, atau mungkin berbicara tentang kesehariannya, dll.
     Kita sebagai pewawancara juga harus kreatif dalam mencari topik pembicaran sehingga pembicaran akan terus berlanjut dengan baik. Kita yang jadi pewawancara yang baik, kita sebaiknya punya tingkat kesabaran yang sangat tinggi untuk menghadapi klien yang mungkin lebih bersifat pendiam atau sebaliknya mungkin bisa bersifat terlalu cerewet yang mungkin bisa membuat kita menjadi jengkel.

     Menurut saya, tips untuk berempati adalah kita harus bisa mengerti perasaan yang sedang dialami klien bahkan kita mencoba untuk masuk dalam kondisi tersebut, kita sebagai pewancara yang ingin memiliki empati kita coba belajar untuk menjadi pendengar yang baik bagi klien tersebut.

19 September 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar