Kamis, 20 September 2012

Wawancara (Maya Desi Permatasari)



wawancara? apa sih sebenernya wawancara? kalian pasti sudah sering mendengar mengenai istilah wawancara dalam kehidupan kalian sehari-hari. Tapi kalian tau ga sih perbedaaan antara wawancara dan pembicaraan atau percakapan biasa? nah, kali ini saya akan membahas mengenai pengertian dari wawancara dan perbedaannya dengan percakapan biasa.
     wawancara adalah suatu proses tanya jawab yang melibatkan dua orang atau lebih untuk mendapatkan informasi. biasanya dalam wawancara ada pewawancara dan ada yang di wawancarai, maksudnya adalah pewawancara bersifat lebih kepada menanyakan suatu informasi yang dapat diberikan oleh orang yang diwawancarai yaitu yang bersifat menjawab. berbeda kan dengan percakapan biasa, yang kedua belah pihak  bisa menjadi penanya maupun penjawab. Selain itu, wawancara juga mempunyai urutan-urutan yang sistemastis dalam penyusunan pertanyaannya, yang berbeda dengan percakapan biasa yang terkadang suka berganti-ganti tema sesuai dengan keinginan dari kedua belah pihak.
     Wawancara adalah salah satu kegiatan yang sering dipakai oleh para psikolog untuk mengetahui permasalahan yang ada pada kliennya. Sebagai psikolog, seseorang sudah harus mampu untuk mengetahui sistematis dalam wawancara sehingga mendapatkan data-data yang diperlukan untuk menganalisis permasalah klien.
     Selain sistematis, wawancara bertujuan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan, berbeda dengan percakapan biasa yang terkadang hanya bersifat sekedar untaian kata-kata belaka. sekian perbedaan dari wawancara dan pervakapan biasa, selain ini sebenarnya masih banyak lagi perbedaaan yang ada, akan tetapi saya percaya kalian semua pasti sudah mendapatkan sedikit gambaran dari perbedaan wawancara dan percakapan biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar