Minggu, 16 September 2012

Bertindaklah seperti Orang yang Cantik (Leni Kopen)


Wanita cantik itu..
tetap tertawa walau sebenarnya ia ingin menangis,
tetap tersenyum walau sebenarnya ia kecewa,


tetap kuat walau sebenarnya ia sudah tidak sanggup lagi,
tetap semangat walau tertekan oleh masalah,
yang penting...tetap sabar dan memandang semuanya baik-baik saja walau sebenarnya terluka dan mengisi hidup dengan hal-hal dan pikiran positif.
Maka kecantikanmu akan terpancar... (Someone)

Bertindaklah seperti orang yang cantik!


     Setelah menonton dicovery mengenai sex signs dalam Psikologi Perempuan pada 10 September 2012, yang menceritakan tentang beberapa pendapat orang mengenai wanita cantik dari sudut pandang laki-laki dan laki-laki yang ganteng dari sudut pandang wanita, saya memahami benar bagaimana cara pandang mereka sehingga mereka dapat memberikan sebuah pengertian dari kata “cantik atau ganteng”.  Menurut pandangan mata laki-laki, wanita cantik itu wanita yang memiliki bentuk badan ideal dengan lekukan di pinggang atau seperti bentuk “jam pasir”, namun tidak dapat dipungkiri juga sebagian laki-laki lainnya lebih menyukai perempuan dengan badan yang gemuk. Selain itu, laki-laki menyukai mata yang indah, rambut yang panjang, dan payudara yang besar dari seorang wanita. Dengan demikian, dapat dikatakan, laki-laki lebih melihat secara fisik atau biologis dari seorang wanita. Berbeda dengan mata lelaki, wanita lebih melihat pria itu bisa diandalkan atau tidak, setia, pintar, jujur, cinta keluarga, dan bukan hanya untuk kebutuhan biologis, namun wanita lebih mementingkan kepribadian daripada sekedar penampilan.

     Adapun pandangan beberapa negara mengenai wanita cantik, seperti di Jepang, wanita yang memiliki kecantikan tertinggi adalah seperti Geisha dengan wajah berwarna putih susu, bibir berwarna merah yang berarti jimat untuk mengusir setan, dan sebuah kimono menutupi seluruh bagian tubuh wanita tersebut. Kecantikan berasal dari dalam diri menurut orang Jepang. Berbeda dengan di Jepang, di India wanita dikatakan cantik jika mereka memiliki mata yang indah terlihat mempesona dan seakan berbicara. Selain itu, wanita cantik juga memiliki rambut panjang menurut pria di India. Di Cina, wanita cantik itu memiliki kaki yang kecil dan kulit yang halus bak porselin.  Beberapa orang mengatakan, wanita dianggap cantik kalau berambut panjang ikal. Tapi sekarang, wanita cantik itu memiliki rambut lurus sehingga teknologi rebonding laku keras. Hal tersebut menunjukkan bahwa masing-masing orang memiliki pengertian cantik masing-masing.

     Wanita identik dengan kecantikan. Kecantikan merupakan simbol kesempurnaan. Banyak juga pendapat dari sebagian besar orang bahwa cantik dapat diartikan ke arah fisik ataupun kecerdasan. Wanita senantiasa berusaha membuat dirinya tampil cantik dalam setiap kesempatan. Hal tersebut sudah menjadi kebiasaan setiap wanita di belahan bumi manapun. Setiap orang di masing-masing negara mempunyai pengertian sendiri tentang cantik. Kecantikan itu tidak semua harus dikonotasikan dengan wanita yang bertubuh tinggi, memiliki mata yang indah, putih, berkulit tidak bernoda, dan berambut panjang. Cantik bisa dilihat dari berbagai sudut pandang. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa cantik tidak memiliki standar penilaian dan pengertian atau tidak dapat diukur. Namun demikian, kecantikan wanita akan muncul dengan sendirinya karena faktor tertentu.

     Kecantikan wanita sebenarnya berasal dari dirinya sendiri. Karakter yang menunjang kepribadiannya maupun fisiknya bukanlah hal yang utama untuk standar cantik. “Pada dasarnya, setiap orang itu cantik atau ganteng dengan kata lain menarik. Hanya saja, yang membuat orang tersebut terlihat jelek adalah diri mereka sendiri (dalam arti jelek disini kosakata yang dipakai seseorang dalam berbicara, perilaku, dan konsep diri orang tersebut)”, kata ibu Henny. Saya sangat setuju dengan pendapat beliau. Kita bisa terlihat cantik atau ganteng dari bagaimana kita bersikap, berbicara, dan memahami konsep diri kita masing-masing. “Kita harus bersyukur karena kita hanya ada satu di dunia ini atau bisa dikatakan limitted edition/special delivery order. Jadi, bertindaklah seperti orang cantik atau ganteng”, demikian pesan yang dikatakan oleh ibu Henny.

     Bagaimana dengan fisik wanita? Meski banyak wanita yang menonjolkan gaya berdandannya dalam menjaga penampilan fisik agar memiliki nilai kehormatan. Pada masa sekarang, kehormatan wanita jauh lebih aman bagi wanita itu sendiri. Wanita terjaga kehormatannya ketika mereka menjaga keimanan dan ketakwaannya. Wanita tetap saja ingin tampil sempurna walaupun sebenarnya wanita hanya ingin menunjukkan jati dirinya. Apalagi dengan kecerdasan yang dimilikinya. Wanita cerdas pun kini sangat peduli dengan penampilannya. Wajar jika semua wanita memperhatikan penampilannya. Namun demikian,  penampilan yang dimaksud adalah penampilan yang sesuai norma dan aturan. Tak sedikit wanita cantik pesohor yang cerdas itu menjadi ikon kecantikan dunia. Contohnya, Lady Diana yang pernah menjadi ikon kecantikan bagi wanita kelas atas pada masanya. Selain itu, Michelle Obama pun kini menjadi barometer kecantikan bagi banyak wanita.

     Wajar jika pada akhirnya wanita cerdas juga diidentikan sebagai ikon kecantikan wanita. Cerdas dan cantik adalah hal yang sering dikaitkan ketika wanita dipandang oleh sesamanya ataupun lawan jenisnya. Banyak yang merespon bahwa wanita cerdas termasuk memiliki kecantikan tersendiri selain fisiknya yang juga dapat dikatakan cantik. Cerdas ataupun pintar merupakan suatu proses belajar secara teratur dan rutin pada diri seseorang. Wanita di seluruh dunia ini sebenarnya memahami bahwa wanita dikatakan cantik jika kecantikan tersebut muncul dari dalam dirinya. Kecantikan wanita tidak hanya dilihat dari fisik ataupun penampilan, tetapi muncul dari keimanan. Cantik dari fisik maupun penampilan merupakan efek samping dari kecantikan dalam diri seorang wanita.

     Jadi, pada prinsipnya kecantikan wanita itu dapat dilihat dari beberapa sudut pandang. Yang terpenting adalah kecantikan itu terefleksi dari kecantikan hati ataupun dari dalam dirinya sehingga cantik karena landasan iman dan takwanya. Keindahan fisik semata akan lekang oleh waktu. Ingat lagu Cherry Belle yang berjudul “beautiful”? You are beautiful..beautiful..beautiful..Kamu cantik, cantik, dari hatimu... (nyanyi dulu, hehe :))  Seperti lagu dari Cherry Belle, hati yang cantik akan menggambarkan bagaimana kepribadian seseorang yang cantik pula. Jadi, bertindaklah seperti orang yang cantik! Diawali dengan senyuman :)

Kecantikan wanita terdapat pada mata, cara dia memandang dunia. Karena di matanya terletak gerbang menuju ke setiap hati manusia, di mana cinta dapat berkembang. (anonim)

Kecantikan wanita bukan pada kehalusan wajah. Tetapi pada kecantikan yang murni, terpancar pada jiwanya, yang dengan penuh kasih memberikan perhatian dan cinta dia berikan. Dan kecantikan itu akan tumbuh sepanjang waktu. (anonim)

12 September 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar