Minggu, 16 September 2012

Cantik Paripurna (Maulidhya Pramono)


Cantik Paripurna

     Cantik. Satu kata yang didambakan setiap wanita. Cantik itu relatif, setiap wanita memiliki penafsirannya masing-masing. Budaya setempat juga mempengaruhi persepsi untuk perempuan dapat dinilai cantik. Bagi wanita Eropa dan Amerika salah satu kriteria cantik adalah berkulit cokelat, mereka rela berjemur atau ‘memanggang’ diri mereka di tanning bed untuk mendapatkan kulit coklat eksotis. Beda halnya di Indonesia, dengan sinar matahari yang berlimpah wanita Indonesia malah lebih senang memakai produk pemutih kulit.


     Tidak dapat dipungkiri kecantikan fisik merupakan kecantikan yang lebih mudah dinilai. Padahal ada kecantikan yang lebih penting lagi yaitu kecantikan yang terpancar dari dalam diri wanita tersebut. Wanita cantik adalah wanita yang dapat menempatkan diri dengan lingkungan di sekitarnya. Dengan penempatan diri yang sesuai seorang wanita akan terlihat lebih pintar. Cara berpakaian, cara bicara, cara menyampaikan pendapat, serta cara wanita tersebut memperlakukan orang lain menjadi aspek yang sangat penting dalam menyesuaikan diri. Dengan penempatan diri yang sesuai wanita tersebut akan memiliki nilai lebih dan pastinya akan lebih menarik. Kecantikan fisik akan menjadi ‘hiasan’ saja jika tidak didukung oleh sikap yang terpuji. Cantik namun korupsi, cantik namun menghina orang, cantik namun menipu maka hanya sekedar cantik fisik yang tersisa.

     Wanita memiliki sisi kecantikannya masing-masing, hal ini menjadikan setiap wanita menjadi unik. Saya percaya Tuhan memberikan hal terbaik untuk setiap makhluknya, dengan segala kelebihan dan kekurangan. Kekurangan tersebut dapat menjadi kelebihan dan keunikan tersendiri. Saya percaya bahwa tidak ada manusia yang sempurna, pasti ada kekurangan baik yang terlihat maupun yang tidak terlihat, yang dirasakan ataupun yang orang lain rasakan, fisik, mental ataupun sosial. Kekurangan dapat ditutupi, diatasi, dimanipulasi sedimikian rupa sehingga dapat menjadi kelebihan. Kuncinya adalah bersyukur, bersyukur atas segala anugerah yang Tuhan berikan apapun bentuknya. Satu hal yang saya yakini bahwa dengan bersyukur maka segalanya akan lebih indah.

12 September 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar