Minggu, 09 September 2012

The Amazing of Balance (Nadia Agustiputri)



Minggu lalu saya menghadiri kuliah psikologi perempuan yang mebahas mengenai perempuan dengan peran ganda. Peran Ganda, seorang ibu yang mencari uang tapi juga mengurusi keperluan rumah tangga lainnya. Ketika pertama kali tema itu disebutkan langsung terlintas wajah seorang wanita yang hebat di benak saya. siapakah beliau? Beliau adalah tante saya, kakak dari ibu saya. Saya memanggilnya dengan sebutan mama lien, beliau sudah saya anggap seperti ibu saya yang kedua. Setiap harinya beliau pergi dari pagi hingga malam untuk bekerja, beliau memiliki 7 anak. Bayangkan 7 anak yang harus ia tanggung kesejahteraannya.. Beliau kerja dari hari senin hingga hari minggu, tiada hentinya beliau pergi dari satu tempat ke tempat lain untuk bertemu kliennya. Beliau kebetulan memiliki kemampuan membaca tarot dan seringkali beliau juga bekerja sebagai broker rumah. Melihatnya saja saya merasa kelelahan, apalagi bila saya yang menjalani. Sebelum berangkat bekerja beliau selalu menyiapkan makanan terlebih dahulu. Tidak pernah beliau meninggalkan rumahnya dengan keadaan tanpa makanan. Beliau sangat memperhatikan anak-anaknya. Wajahnya tidak pernah memperlihatkan bahwa dirinya lelah, beliau selalu tertawa dan selalu melempar lelucon-lelucon. Dibalik keletihannya selalu tersimpan tawa bagi anak-anaknya. Tidak pernah beliau mengeluh mengenai beratnya hari yang ia jalankan. Semuanya yang ia jalani dengan ikhlas dan senyuman.. Bagaimana bila beliau sakit? Tampaknya tidak ada waktu untuk sakit bagi beliau, ketika sakit beliau seringkali memaksakan untuk tetap bekerja.

Kalaupun bekerja beliau tidak pernah melupakan kewajibannya sebagai seorang ibu. Suatu ketika salah satu anaknya jatuh sakit dan memang harus dibawa ke rumah sakit, beliau yang sedang berada di luar kota langsung pulang dan menemani anaknya sepenuhnya di rumah sakit hingga anaknya diperbolehkan pulang kerumah. Bekerja dan menjadi seorang ibu adalah dua hal yang telah melebur menjadi bagian indah dari hidupnya. Keseimbangan dari kedua peran inilah yang membuatnya menjalani hari tanpa beban. Maka jalanilah segala hal dengan seimbang, belajarlah menghargai dan menikmati kehidupan dan yang terutama adalah mengetahui yang terpenting dalam hidup ini ;)

9 September 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar