Minggu, 16 September 2012

Define Beauty (Nadia Agustiputri)


Cantik. Dapatkah kita definisikan bagaimanakan seseorang yang dapat dikatakan cantik? Apakah seseorang yang bertubuh kurus? atau tinggi?  atau berkulit putih? berhidung mancung? bertubuh proporsional? Atau gabungan dari semuanya? Tidak dapat dipungkiri kriteria tersebut memanglah mewakili sosok cantik pada umumnya. Tapi apakah hal tersebut merupakan  suatu ukuran pasti? Mungkin hal tersebut berlaku untuk sebagian negara, tapi ternyata terdapat perbedaan pemahaman mengenai kecantikan di berbagai negara, mari kita lihat sebagian dari perbedaan tersebut.



1. Di Burma dan Thailan, suku kayan memulai ritual kecantikan mereka dari waktu muda. Pada saat umur 5 tahum , mereka sudah memakai gelang berbentuk melingkar di sekitar lehernya. Gelang leher tersebut terus ditambahkan seiring pertumbuhan mereka. Semakin banyak gelang dan semakin panjang lehernya, maka semakin cantiklah ia.



2. Di Ethiopia, Cantik itu adalah bekas luka cakar. Luka bekas di Ethiopia bukanlah luka yang tidak disengaja, tapi mereka sengaja membuatnya sendiri dengan cara menyayat perut mereka. Mereka berpendapat bahwa luka tersebut dapat memuaskan lelaki, dan semakin banyak luka, maka semakin cantik. Biasanya luka cakar tersebut dibuat sejak merela masih kanak-kanak.



3. Di Afrika barat, seseorang dikatakan cantik bila ia memiliki badan yang besar. Seseorang yang memiliki tubuh yang besar atau berat badan lebih dikatakan lebih baik (seksi) daripada langsing. Semakin gendut seorang wanita, maka semakin banyak pria yang suka, jika semakin langsing maka semakin tidak laku.



4. Orang-orang dari selandia Baru mempraktekkan ritual kecantikan sakral dengan tato. Orang-orang pribumu, keturunan Polinesia, percaya bahwa perempuan lebih menarik ketika bibir dan dagu yang bertato. Seorang wanita denganbibir biru dianggap  paling indah dan diinginkan.



5. Satu lagi adat istiadat yang menjadi tolak ukur kecantikan eorang wanita. menyakitkan namun telah pernah menjadi keharusan bagi seorang wanita china. Seorang wanita China wajib memiliki kaki yang kecil mungil. Buat mereka jika memiliki kaki kecil dianggap memiliki kaki seperti lotus, sangat erotis dan cantik.

Pada kenyataannya memang sebuah kata cantik tidak dapat kita definisikan dalam sebuah bentuk kalimat universal, karena pada kenyataannya definisi cantik itu berbeda pada setiap tempat dan setiap masa. Kembali teringat oleh perkataan  Dosen yang sangat saya kagumi yaitu sesungguhnya setiap wanita itu cantik,karena kita semua itu unik. Yang membuat seseorang tidak cantik adalah dirinya sendiri. Bagaimana ia berperilaku, bertutur kata, ataupun berpakaianlah yang dapat menjadikan seseorang menjadi sosok cantik yang sebenarnya.

13 September 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar