Minggu, 16 September 2012

Science of Beauty (Elvandari Armen)


     Mata kuliah psikologi perempuan kelas E mendapat "jatah" nonton film... Yeyy... :D.. Loh, kok jatah? Iya jatah, karena sebenernya saya lagi agak jenuh dengan materi-materi kuliah dan biasanya kalo nonton film rasa jenuh saya sedikit bisa terobati... Hehehe.. Semoga.... :)
     Judul film tontonan kami kali ini adalah Science of Beauty. Film tersebut termasuk film dokumenter di mana terdapat banyak orang (masyarakat dari latar belakang budaya dan pekerjaan yang berbeda) diminta berpendapat mengenai kriteria wanita cantik dan pria tampan. Selain itu, film ini menghadirkan tokoh-tokoh beserta penelitiannya mengenai dunia kecantikan.
     Sebagian besar memang orang beranggapan bahwa cantik berpusat pada kesempurnaan bentuk fisik. Tetapi, tidak semua orang memiliki pemikiran yang sama dalam membedakan wanita cantik dan kurang cantik. Misalnya, masyarakat Jepang beranggapan bahwa wanita cantik adalah wanita yang menutupi semua bentuk dan keadaan asli fisiknya. Mulai dari seluruh wajah, telinga, tangan yang ditutup bedak sangat putih hingga pakaian kimononya yang harus menutupi semua lekuk tubuh seorang wanita.  Selain itu, wanita cantik menurut masyarakat India adalah wanita yang memiliki kulit gelap dan hidung sangat mancung. Untuk masyarakat dengan bagian barat mungkin kurang setuju dengan wanita cantik versi Jepang dan India. Indonesia pun pasti memiliki kriteria cantik yang berbeda lagi dari masyarakat Jepang, India, dan negara barat.
     Yang membuat film ini lebih menarik adalah ketika wanita ditanyakan mengenai kriteria pria idamannya  sedangkan pria pun ditanyakan juga mengenai wanita idamannya. Tentunya mereka memaparkan kriterianya masing-masing dengan cukup lengkap. Terdapat perbedaan kriteria pria wanita yang satu dengan yang lainnya. Tetapi, hasil menunjukkan bahwa hampir semua wanita menilai pria lebih dari kepribadian pria itu sendiri, misalnya bertanggung jawab, dewasa, setia, dapat diandalkan, dan mapan. Sedangkan pria rata-rata menjawab lebih ke arah tampilan fisik seorang wanita.
     Apakah wanita cantik adalah wanita yang punya fisik dan bentuk wajah yang sempurna? Jawabannya bisa iya, bisa tidak. Ada pria yang beranggapan bahwa asalkan wanita bisa menjaga perilaku dan tutur katanya adalah wanita yang cantik. Ada juga pria yang mengatakan bahwa wanita cantik adalah mereka yang memiliki kepribadian yang baik dan dapat menyesuaikan dengan lingkungannya. Tidak hanya itu, mungkin ada juga yang mengatakan cantik ketika mereka memiliki pengetahuan yang luas. Di sisi lain, mungkin ada yang mengatakan wanita cantik adalah wanita yang percaya diri, menyukai dan mampu menyelesaikan tantangan hidupnya sendiri. Terlalur banyak perbedaan pendapat, standar, dan tolak ukur mengenai kata cantik. Tentunya setiap orang tidak akan selalu sama.
     Di dunia ini, orang cantik atau tampan secara fisik memang banyak. Tetapi untuk mencari orang yang cocok dengan kita  tidak mudah. Jika kita sudah menemukan orang yang cocok dengan kita, maka mungkin  memang dialah orang yang paling tepat dijadikan pasangan hidup. Have a nice day, readers :)

16 September 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar