Jumat, 21 September 2012

Tips-tips Membina Rapport dan Menggembangkan Empati (Indah Dwi Wahyuni)


Hai semuaaanyaa…

     Dalam blog ini, saya akan mencoba memberikan tips-tips praktis dalam membina rapport dengan interviewee pada saat melakukan wawancara. Agar tercipta suasana yang amandan nyaman. Dan interviewee tidak merasa takut untuk memberikan informasinya kepada kita. Dan dapat mempercayai kita dalam memberikan informasi-informasinya.
     Tips-tipsnya, yaitu :
1.    Menyapanya dengan baik.
2.    Menanyakan kabar dengan bahasa yang sesuai dengan sukunya agar subyek merasakan adanya kedekatan antara kita. Misalnya, apabila subyek orang Sunda, berbicaralah dengan bahasa Sunda.
3.    Pehatikan ruangan yang ingin kita pakai, apakah terlalu dingin apa masih terasa panas. Tanyakan pada subyek tentang hal itu, buat klien merasa nyaman dalam ruangan itu.Menyambutnya dengan senyuman, namun tidak berlebihan.
4.    Apabila subyek merasa masih tidak nyaman dengan kita, atau suasananya belum cair, yakinkan subyek bahwa kita hanya ingin membantu subyek dalam menyelesaikan masalahnya.
     Selain itu, saya juga akan memberikan tips-tips untuk mengembangkan rasa empati kepada orang lain dalam melakukan wawancara.
     Tips-tipsnya, yaitu :
1.    Mencoba merasakan apa yang subyek rasakan dalam masalah yang dialaminya.
2.    Mencoba berada dalam kondisi dan situasi tersebut, namun jangan terlalu mendalami kesedihan terlalu dalam, sebab kita harus terlihat wibawa di depan subyek.
3.    Usahakan kita harus terlihat lebih tegar dari subyek, walaupun masalah yang dialami subyek sangat menyedihkan.
4.    Mendengarkan masalah subyek dengan seksama, tanpa melakukan kegiatan lain dan tetap fokus kepada subyek. Agar subyek berpikir kita sangat empati kepadanya.
     Itulah beberapa tips-tips yang dapat saya berikan kepada kalian semua. Silahkan dicoba. Semoga bermanfaat.

20 September 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar