Minggu, 09 September 2012

wanita dan pria itu berbeda bahkan sejak kecil (Dionisius Silvester Ferdi Weros)


Memang tidak dapat kita sangkal bahwa sejak kecil wanita dan pria sudah dididik dan diperlakukan secara berbeda, bahkan saat masih di kandungan sekali pun. Misalnya saat membeli pakaian untuk sang calon buah hati orangtua bayi sudah menentukan warna pakaian untuk mereka.

Saat bertambah besar sedikit, anak laki-laki dan perempuan sudah diarahkan untuk memainkan permainan tertentu yaitu mainan mobil untuk anak laki-laki dan boneka untuk anak perempuan. Namun, akhir-akhir ini banyak sekali balita yang sudah dibelikan orangtuanya iPad yang sebenarnya tidak terlalu mendidik menurut saya.

Pada kesimpulannya memang wanita dan pria diarahkan ke hal-hal yang berbeda, hal ini menurut saya tidak sepenuhnya benar dan tidak sepenuhnya salah.

Sampai tahap tertentu pengarahan perilaku feminim tetap diperlukan, tentu wanita yang terlalu tomboy merupakan suatu permasalahan tersendiri. Namun, ketika ketika pengarahan tersebut menyebabkan kebebasan seorang wanita terhambat tentu bukanlah suatu hal yang positif

Selain itu, secara fisik wanita cenderung tidak sekuat pria hal ini menurut saya menyebabkan wanita cenderung mengalami isu-isu yang berbeda dengan pria salah satunya yaitu raping.

Raping yang terjadi pada wanita saat proses perkembangan tentu akan menimbulkan efek negatif pada jangka panjang dan bila terjadi kehamilan kadang-kadang ada wanita tertentu yang tidak berpikir panjang langsung melakukan aborsi.

Bagi saya jika memang sangat terpaksa aborsi merupakan hal yang diperkenankan. Akan tetapi, jika aborsi dilakukan karena seks pranikah atas dasar "suka sama suka" bagi saya merupakan suatu hal yang tidak boleh dilakukan karena merupakan perbuatan pengecut "lempar batu sembunyi tangan"

Isu lain adalah perbedaan sistem reproduksi pria dan wanita dan fenomena menstruasi juga ikut ambil bagian dalam perkembangan wanita. Premenstrual syndrome yang dialami wanita saat masa-masa menstruasi mempunyai warna tersendiri dalam perkembangan wanita. Hal ini menyebabkan terkadang banyak hal-hal unik yang dialami oleh wanita, tidak dialami oleh pria demikian sebaliknya.

Pada akhirnya saya menyimpulkan bahwa perlakuan yang berbeda antara pria dan wanita tentu akan menyebabkan terjadi perbedaan atas perkembangan mereka. Selain itu, bentuk anatomi tubuh juga mempengaruhi hal tersebut. Sehingga, jelas sekali perbedaan perkembangan pria dan wanita terjadi tidak hanya karena faktor nurture, tetapi juga faktor nature.


9 September 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar