Minggu, 16 September 2012

Spark Your Inner Beauty! :) (Catherine Prana)


Topik kuliah kali ini juga cukup menarik yaitu mengenai kecantikan seorang perempuan… Siang itu Bu Henny menayangkan sebuah film mengenai kecantikan yang berjudul The Science of Beauty…. Film ini sangat menarik karena mengupas berbagai macam definisi kecantikan, baik menurut para pria dan wanita itu sendiri.. Kalau kita ditanya mengenai definisi kecantikan, kebanyakan dari kita pasti bingung mendefinisikan kata tersebut, padahal dalam kenyataannya, hal itu sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari…. J

Sebenarnya apa definisi dari kecantikan itu sendiri? Dalam film tersebut, banyak sekali definisi yang disebutkan baik dari sudut pandang pria maupun wanita.. Saya rasa pendapat orang-orang dalam film itu juga menunjukkan atau mewakili pendapat pada umumnya (dalam kehidupan real)… Ada yang berpendapat perempuan cantik itu dilihat dari fisik, kalau fisik berbentuk “jam pasir” itu dikatakan cantik.. Ada pula yang berpendapat kalau cantik itu dilihat dari dalam (inner beauty)..

Hal yang juga menarik dalam film tersebut adalah ternyata kebanyakan laki-laki (tidak semua yaah) mendefinisikan cantik dalam kisaran penampilan luar, seperti perempuan dengan tinggi “sekian” baru dikatakan cantik, perempuan dengan warna kulit tertentu, bibir tebal, mata besar berarti cantik….
Saya pribadi memang setuju kalau kebanyakan pria mendefinisikan cantik seperti itu, dilihat dari fisiknya.. kalaupun mereka yang mengatakan cantik itu bukan dari fisik, tapi dari hati, saya yakin dan percaya kalau mereka pada awalnya tetap memperhatikan fisik, mereka harus tertarik dulu pada seorang perempuan baru berniat mengenalnya lebih jauh… bagaimana mau mengenal kalo lihat mukanya sudah ilfeel duluan… Kalau pria sama sekali tidak lihat fisik sepertinya jarang dan hampir tidak ada… setidaknya “ga malu-maluin kalau digandeng di sebuah pesta” begitu kata-kata yang sering sekali saya dengar he..he..he…

Sebagai tambahan, siang itu selesai mengikuti kelas psikologi perempuan, saya mengikuti kelas lain pada pukul 15.00… Saya berbincang dengan seorang teman laki-laki dan kebetulan saya bisa masuk pembicaraan mengenai cantik.. Saya iseng bertanya pada teman saya itu ttg definisi cantik.. Jawaban pertama yang keluar dari mulutnya adalah ”good looking”… Saya semakin setuju dengan pendapat awal saya kalau sebagian besar laki-laki memang lihat dari penampilan awal…

Sekarang saya ingin sharing mengenai pandangan saya mengenai definisi cantik itu sendiri… Memang cantik itu subyektif sekali dan sulit untuk diukur serta didefinisikan, tetapi cantik menurut saya adalah bagaimana seorang perempuan bisa membawa dirinya dimanapun dia berada, menunjukkan perilaku yang adaptable di lingkungan tempat ia berada.. Kalau ia ada di rumah, ia bisa berperilaku sesuai dengan yang menjadi tanggung jawabnya.. Kalau ia di kampus atau di kantor atau dimanapun, dia tetap bisa menunjukkan dirinya adaptable.. Definisi ini tentu mengarah pada inner beauty.. Yaa, saya setuju dengan pendapat inner beauty itu lebih penting dari pada fisik karena toh fisik kita nanti akan berubah kalau sudah menua, sedangkan inner beauty akan tetap, tidak berubah.. Melalui inner beauty, akan terpancar keluar perilaku dan tutur kata yang baik.. Saya juga setuju dengan pendapat Bu Henny yang mengatakan bahwa semua orang pada dasarnya cantik, dan untuk yang laki-laki, semua pada dasarnya ganteng.. Yang membuat diri kita jelek adalah kita sendiri, melalui tutur kata dan perbuatan kita yang tidak seharusnya…

Kalau saya berpendapat inner beauty jauh lebih penting dari fisik, pasti ada yang berkata “berarti ya ga usah dandan, ga usah merawat diri, toh yang diliat dalamnya saja, berarti kalau penampilan seperti “gembel” pun ga apa-apa dongg..” Menurut saya ini pun salah, penampilan luar juga penting, penting untuk diperhatikan tetapi BUKAN segala-galanya… Saya sebagai perempuan mengajak kaum perempuan lainnya untuk mengelola, mengembangkan inner beauty yang ada dalam diri kita, jangan hanya fisik, fisik, dan fisik terus yang diperhatikan… Kalau ada laki-laki yang tertarik dengan kita karena inner beauty yang kita miliki, itu akan jauhhhhh lebih berharga, daripada laki-laki yang hanya tertarik dengan fisik kita.. Jangan pernah bangga bisa memacari seorang laki-laki ganteng tapi yang dia lihat dari kita hanya fisik… itu sifatnya sangaatt sementara… di luar sana selalu ada yang lebih cantik, lebih ganteng, lebih imut, lebih manis dan itu tidak akan ada habisnya…. Tapi kalau sudah menemukan seorang pria yang tertarik dengan kita karena inner beauty kita, seperti kepribadian dan pembawaan diri kita, itu akan bertahan selamanya, karena di luar sana hanya ada satu diri kita, diri kita ini tidak ada duanya lohh.. semua unik dan tidak ada satupun yang sama… Dalam film tersebut, di bagian paling akhir, ada kalimat yang menurut saya menarik sekalii… Kalimat itu berbunyi demikian

“Orang yang paling menarik adalah orang yang cocok dengan kita”

Jadii, sudah tahu kan definisi cantikk? ;) jangan menomorsatukan penampilan,, tapii spark your inner beauty..!! :)

12 September 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar