Kamis, 20 September 2012

Teknik Wawancara (Abdiel Putra)


Untuk menjadi pewawancara yang baik adalah:
kita haru memiliki Awareness, dimana kita harus menyadari bahwa klien tersebut sedang dalam emosi yang terkontrol. Kita juga harus menyadari bahwa klien kita memiliki asumsi-asumsi yang berbeda.
kita harus memiliki Knowledge. Kita harus belajar dan mengenali aneka kebudayaan terutama kebudayaan klien.
kita harus memiliki Skills, dimana kita bisa menyesuaikan metode kita dengan metode klien. Kita harus bisa menyesuaikan bahasa dengan latar belakang klien kita. Kita harus punya keterampilan berempati dengan orang lain.
Kita juga harus menjadi pendengar yang baik.
 Saya mempunyai kekurangan dalam hal teknik wawancara dimana kelemahan tersebut harus saya perbaiki agar saya bisa menjadi pewawancara yang baik. Kekurangan saya antara lain adalah saya kurang bisa menjadi pendengar yang baik dalam setiap kali ada pembicaraan denga setiap orang, saya tidak bisa menjadi pendengar karena saya suka memotong orang yang lagi berbicara dengan saya. Untuk melatih itu semua saya harus lebih banyak untuk mendengar dibandingkan lebih banyak berbicara. Terkadadng saya juga tidak bisa berempati kepada seseorang. inilah kekurangan yang saya harus ubah dalam hidup untuk digunakan dalam wawancara.

5 September 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar