Kamis, 20 September 2012

Tips-tips praktis membina rapport dan membangunkan rasa empati saat wawancara (Fatiyana Oksira)


Hallo teman-teman, saya kembali lagi untuk memberikan tips-tips sederhana dan praktis cara membina rapport dan membangunkan empati saat wawancara.

Cara mudah membangun rapport dengan klien;
1. saat pertama kali bertemu klien 'tersenyum'lah karna senyum merupakan sambutan awal yang baik untuk membangun suatu hubungan.
2. persilahkan klien duduk dengan sopan.
3. ciptakan lingkungan yang nyaman, anda bisa mengajak klien berbincang-bincang ringan contohnya; apa kabar? , dimana anda tinggal? bagaimana hari anda?
4. ciptakan hubungan yang hangat antara anda dan klien.
5. yakinkan klien untuk berbicara dengan jujur tentang apapun topik yang relevan dengan wawancara.

Pastikan terlebih dahulu bahwa kualitas rapport yang anda bangun dengan klien cukup baik, maka dari hal tersebutlah akan terlihat cara anda membangunkan empati anda. berikut tips membangunkan empati pada saat wawancara;
1. fokuskan perhatian hanya kepada klien.
2. 'mendengarkan' dengan penuh konsentrasi apa yang klien bicarakan.
3. menghayati perilaku, pengalaman dan kisah klien.
4. memahami apa yang sedang klien rasakan.
5. mencoba dan berusaha menerima keadaan dan 'dunia' klien apa adanya tanpa 'judgemental'
6. katakan kepada klien 'I've never been in that position, so I just can only imagine how you felt'

sekian tips-tips praktis dari saya, sungguh sederhanakan? semoga bermanfaat untuk teman-teman yang telah membacanya dan selamat mencoba. :)

13 September 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar