Sabtu, 08 September 2012

Super Mom! (Azka Dzumalin)

Perubahan zaman mengubah peran gender yang ditetapkan masyarakat pada umumnya di zaman dahulu, seperti peran perempuan yang diharuskan untuk mengurus anak di rumah dan tidak perlu meraih pendidikan yang tinggi seperti pria.
Sebelum kakak saya dan saya lahir, ibu saya memang suka bekerja di luar rumah. Sehingga saat kakak saya dan saya lahir pun ia tetap bekerja walaupun terkadang ia suka mengambil cuti kerja untuk berlibur bersama keluarga.
Saat saya masih kecil, saya merasa ibu saya selalu sibuk bekerja dan kurang meluangkan waktu bermain dengan saya. Walaupun setiap hari sabtu dan minggu ia selalu mengisi waktu luang bersama keluarga, tetapi tetap saja saya merasa kurang. Namun, seiring berjalannya waktu, semakin dewasa saya mengerti bahwa ia bekerja untuk membantu Ayah saya mencari nafkah. Ia juga bekerja dengan waktu yang wajar, tidak full time work, sehingga saat ia pulang bekerja, ia tetap menyempatkan waktu untuk makan malam bersama, bersenda gurau, nonton film bersama, dan kegiatan bersama lainnya. Di saat ayah saya tidak bisa mengatar saya ke suatu tempat, maka ibu saya lah yang bersedia menyetir dan mengantar, serta menemani saya.
Peran ganda ibu saya sangat bisa dirasakan, terutama saat pembantu rumah tangga kami pulang kampung. Sebelum berangkat kerja, ia memasak menyiapkan sarapan untuk keluarga, dan setelah pulang kerja, ia memasak untuk makan malam keluarga. Saya kurang bisa memasak, sehingga saya hanya mampu membantunya dalam menata meja dan menyuci piring.
 
Menurut saya, seorang ibu berperan ganda yaitu, yang bekerja dan dapat membagi waktu dengan baik untuk

keluarganya patut mendapatkan pujian yang besar. Anak-anak zaman sekarang sering melupakan hal

tersebut, sehingga sering melawan orangtua saat mereka memberikan suatu keputusan yang anaknya tidak

suka. Padahal itu semua demi kebaikan anak mereka. Jujur sebagai anak terkadang saya juga masih

melakukan hal tersebut. Berbicara memang mudah, melakukannya yang sulit. Namun saya akan berusaha

untuk tidak mengulangi hal tersebut, setidaknya saya selalu mencoba untuk tidak membuat kedua orangtua

saya marah. Buat saya, ibu saya merupakan wanita yang luar biasa, dengan multiple skill dan multiple role

yang ia miliki :)

6 September 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar