Sabtu, 07 September 2013

Sides of Women (Agnes Stephanie)

     Berbicara mengenai perempuan tidak lepas berbicara mengenai perkembangan yang terjadi di sepanjang kehidupan yang dilalui. Psikologi perempuan tidak hanya membahas mengenai ranah psikis saja namun perkembangan fisik juga menjadi hal yang perlu mendapatkan perhatian lebih pada perempuan.
     Pertemuan di kelas psikologi perempuan minggu lalu membahas perkembangan fisik, kognitif, dan psikososial pada perempuan. Perempuan mengalami sejumlah perubahan yang cukup signifikan pada saat memasuki usia dewasa. Perempuan pada saat memasuki masa pubertas akan mengalami menstruasi . Tahapan ini adalah tahapan yang akan dilalui oleh setiap perempuan. Pada umumnya perempuan akan mengalami menstruasi pada rentangan usia 12 sampai 14 tahun. Apabila perempuan tidak mengalami menstruasi sampai usia remaja akhir, maka harus ada tindakan cepat memeriksakan diri ke dokter. Hal tersebut dilakukan karena untuk mencegah penggumpalan darah menstruasi yang akan menyebabkan munculnya penyakit lain.
     Dalam kelas juga membahas masalah tes keperawanan yang direncanakan sebagai salah satu tes masuk ke sekolah menengah atas. Banyak pro dan kontra terhadap rencana ini. Secara umum memang tes keperawanan ini terlihat tidak masuk akal. Pembicara di kelas minggu lalu mengungkapkan bahwa sampai sekarang belum ada alat atau tenaga medis yang dapat membedakan robeknya atau terkoyaknya selaput dara akibat terjadinya penetrasi atau karena hal lain. Apabila tes ini tetap diberlakukan kepada calon siswi sekolah menengah atas dengan alasan untuk mencegah maraknya seks bebas tentu telah melanggar hak asasi perempuan dan secara tidak langsung merendahkan martabat perempuan. Sekolah atau pemerintah perlu memikirkan cara lain untuk dijadikan alternatif penyelesaian masalah pada maraknya seks bebas di kalangan remaja.

     Perkembangan pada perempuan tidak hanya berhenti pada usia tertentu. Segala aspek pada perempuan perlu diperhatikan bahkan sampai usia dewasa akhir. Pada saat perempuan memasuki masa menopause, segala aspek di dalam tubuh perempuan juga akan mengalami penurunan. Kondisi kesehatan akan mengalami penurunan sehingga perlu adanya perhatian pada pola makan dan olahraga agar perempuan pada usia dewasa akhir masih tetap dapat mempertahankan kondisi kesehatannya. Secara kognitif perempuan yang telah memasuki usia dewasa akhir juga akan mengalami penurunan. Cara yang dapat dilakukan oleh perempuan pada usia dewasa akhir untuk mengurangi kemungkinan adanya penurunan kognitif adalah dengan melakukan berbagai aktivitas yang sederhana namun rutin dilakukan. Hal tersebut dilakukan untuk membantu proses di dalam otak agar aktif bekerja.

4 September 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar