Senin, 05 November 2012

Rokok (Alexander Caesar - 705120130)


 Pengertian Rokok
     Rokok. adalah gulungan tembakau yang disalut dengan daun nipah (Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2002). Selain itu rokok juga di bungkus dengan kotak kecil agar muat dengan saku.
Jenis Rokok
      Menurut Sitepoe, M. (1997), rokok berdasarkan bahan baku atau isi di bagi tiga jenis:
1. Rokok Putih : rokok yang isinya hanya daun tembakau yang diberi rasa di bagian filternya untuk mendapatkan efek rasa dan aroma baik.
2. Rokok Kretek : rokok isinya berupa daun tembakau dan cengkeh yang diberi saus untuk mendapatkan efek rasa dan aroma tertentu.
3. Rokok Klembak : rokok yang bahan baku atau isinya berupa daun tembakau, cengkeh, dan kemenyan yang diberi saus untuk mendapatkan efek rasa dan aroma tertentu.

Kandungan Dalam Rokok
      Menurut David. E (2003). Di dalam sebatang rokok juga mengandung bahan-bahan kimia lain yang tak kalah beracunnya, antara lain:
      Nikotin. Nikotin yang terkandung di dalam asap rokok antara 0.5-3 ng, dan semuanya diserap, sehingga di dalam cairan darah atau plasma antara 40-50 ng/ml. Zat ini hanya ada dalam tembakau, sangat aktif dan mempengaruhi otak atau susunan saraf pusat.
      Karbon Monoksida (CO). Gas karbon monoksida (CO) adalah sejenis gas yang tidak memiliki bau. Unsure ini dihasilkan oleh pembakaran yang tidak sempurna dari unsure zar arang atau karbon. Gas karbon monoksida bersifat toksis yang bertentangan dengan oksigen dalam transport maupun penggunaanya
      Tar. Adalah bagian partikel rokok sesudah kandungan nikotin dan uap air diasingkan. Tar adalah senyawa polinuklin hidrokarbon aromatika yang bersifat karisogenik.dengan adanya kandungan tar yang beracun ini sebagian dapat merusak sel paru karena dapat lengket dan menempel pada jalan nafas dan paru-paru sehingga terjadinya kanker.
Dampak Merokok
      Pemicu kanker. Rokok adalah pemicu kanker yang sangat baik karena sejumlah zat kimia pada rokok bersifat beracun yang dapat mengakibatkan kanker. Caesar (2012).
      Mempengaruhi mental. Merokok dapat mengakibatkan ketergantungan, hal ini bisa menyebabkan perokok tidsak bisa berkonsentrasi dalam pekerjaan karena kecanduan rokok. Caesar (2012).
      Bahaya anak kecil. Asap rokok juga tidak baik untuk anak kecil karena dapat menyababkan masalah pernafasan, gangguan otak bahkan kematian (ricajus, n.d).
   


Daftar Pustaka
Pengertian rokok. Diunduh dari    
  http://id.wikipedia.org/wiki/Rokok
Jenis-jenis rokok
Sitepoe, M. (1997), rokok berdasarkan bahan baku atau isi di bagi tiga jenis. Diunduh dari
  http://www.scribd.com/doc/30889043/Jenis-rokok
Kandungan dalam rokok. Diunduh dari
  http://id.wikipedia.org/wiki/Rokok#Bahan_kimia_yang_terkandung_dalam_rokok
Dampak merokok. Diunduh dari
http://www.anneahira.com/dampak-negatif-merokok.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar