Senin, 05 November 2012

Motivasi Kerja (Kevin Theodore Laksana - 705120026)


     Kinerja serta hasil pekerjaan seseorang dipengaruhi oleh motivasi kerja. Semakin tinggi motivasi kerja seseorang, hasil yang dicapai lebih memuaskan daripada seseorang yang bermotivasi rendah. Menurut Hipni (dikutip dalam “Definisi motivasi kerja”, 2011), motivasi kerja didefinisikan sebagai daya penggerak yang mendorong seseorang melakukan aktivitas-aktivitas tertentu untuk mencapai suatu tujuan.
     Menurut Chung dan Megginson (dikutip dalam “Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi kerja”, 2010), yang mempengaruhi motivasi kerja dari dalam diri adalah kebutuhan, tujuan, sikap, dan kemampuan. Karena sudah pasti bahwa seseorang bekerja untuk memenuhi kebutuhan, mempunyai tujuan misalnya mengincar jabatan tertentu di tempat orang itu bekerja, serta memiliki sikap dan kemampuan yang kompeten untuk bekerja.
     Jenis-jenis motivasi kerja terdiri atas motivasi positif (insentif positif) dan motivasi negatif (insentif negatif). Contoh dari motivasi positif adalah manajer memotivasi bawahannya dengan memberikan hadiah kepada mereka yang memiliki prestasi baik. Dengan motivasi positif ini semangat kerja karyawan akan meningkat. Karena manusia pada umumnya senang menerima hal yang baik. Contoh dari motivasi negatif adalah manajer memotivasi bawahannya dengan memberikan hukuman kepada mereka yang kerjanya kurang baik atau memiliki prestasi rendah. Dengan menggunakan motivasi ini semangat kerja dalam jangka waktu pendek akan meningkat, karena mereka takut terkena hukuman, tetapi dalam jangka waktu panjang dapat berakibat kurang baik (“Jenis-jenis motivasi”, 2008).
     Faktor-faktor penghambat motivasi kerja antara lain adalah (a) atasan yang terlalu obral janji, (b) bila karyawan salah maka terkena kritik tetapi bila karyawan benar maka tidak ada pujian, (c) menyembunyikan informasi dari karyawan, (d) keahlian karyawan yang tidak digunakan, (e) kemampuan karyawan yang tidak dikembangkan, (f) masa depan karier karyawan tersebut tidak jelas, (g) suasana kerja yang bersifat feodal, dan (h) kesenjangan fasilitas yang terlalu berbeda jauh antarkaryawan (“Virus-virus penghambat motivasi kerja”, 2011).
     Cara-cara meningkatkan motivasi kerja adalah (a) melakukan pelatihan untuk karyawan, (b) memberikan hadiah bagi karyawan yang berprestasi, (c) melakukan pendekatan untuk mengoptimalkan kinerja karyawan, dan (d) mengadakan kegiatan khusus untuk membangun kekeluargaan antara karyawan dan perusahaan (“Cara meningkatkan motivasi kerja karyawan”, 2012).

Daftar pustaka
Definisi motivasi kerja. (2011). Diunduh dari
.....http://hipni.blogspot.com/2011/10/definisi-motivasi-kerja.html
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi Kerja. (2010). Diunduh dari …..http://aprian.blogdetik.com/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-motivasi-kerja/
Jenis-jenis Motivasi. (2008). Diunduh dari …..http://makalahdanskripsi.blogspot.com/2008/10/jenis-jenis-motivasi.html
Virus-virus Penghambat Motivasi Kerja. (2011). Diunduh dari …..http://www.mediaindonesia.com/citizen_read/1165
Cara Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan. (2012). Diunduh dari
.....http://www.politeknik-lp3i-bandung.ac.id/index.php?option=com_content&view=article&id=721:cara-mengingkatkan-motivasi%20%E2%80%93kerja-karyawan&catid=43:komunikasi&itemid=141

26 Oktober 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar