Minggu, 04 November 2012

Merokok (Ica Damayanti)


     Seperti yang diketahui rokok tidak asing lagi untuk di dengar, rokok sangat gampang sekali untuk kita temui, karena sudah banyak diperjual belikan di banyak tempat. Ini semua membuktikan bahwa rokok sudah tersebar dilingkungan masyarakat. Merokok adalah kegiatan yang sulit untuk dilepaskan bagi para perokok aktif. Perokok aktif yang menyalakan dan menghisapnya sama seperti ia akan menghisap 4000 bahan kimia racun yang akan merusak seluruh tubuh secara perlahan (Bahaya merokok bagi kesehatan, 2008).
    Zat – zat negatif yang terkandung dalam rokok tidak di takuti oleh para perokok akif. Saat ini saja jumlah perokok terus berkembang terutama di negara berkembang. Keadaan ini sangat merupakan tantangan berat bagi upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Pada tahun 1983, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan 31 Mei menjadi hari bebas tembakau sedunia setiap tahun.
     Merokok sangat mengganggu kesehatan, kenyataan ini tidak dapat di pungkiri. Beberapa fakta mengenai rokok (a) rokok telah membunuh 9,4 juta orang di dunia dalam tahun 2000 dan diperkirakan menjadi 9,8 juta pada tahun 2020; (b) orang yang meninggal akibat rokok mencapai 350.000/bulan; dan (c) rokok membunuh lebih banyak dari pada AIDS, narkoba, kecelakaan, pembunuhan, dan bunuh diri (Surya, 2011).
     Beberapa penyakit yang telah menjadi faktor terburuk merokok, baik secara langsung atau pun tidak secara langsung. Kebiasaan merokok tidak hanya merugikan si perokok aktif, tetapi merugikan bagi orang lain disekitarnya. Perokok pasif yang terkena akibat asap rokok yang dikeluarkan oleh perokok aktif sangat lebih bahaya. Perokok pasif lebih berbahaya dari pada si perokok aktif (Surya,2011).
     Jika Anda perokok aktif, jangan anggap anda saja yang beresiko terkena penyakit. Orang lain yang menghirup asap rokok Anda juga berpeluang besar mempunyai penyakit yang mematikan. Karena asap rokok mengandung karbon monoksida dan tar yang juga menjadi racun dalam tubuh mereka. Karena dalam satu hisapan menyerupai seperti hisapan maut. Diantara kandungan asap rokok termasuklah (a) bahan radio aktif, (b) bahan yang di gunakan dalam cat, (c) racun serangga, dan (d) gas beracun (Bahaya merokok bagi kesehatan, 2008).
     Tidak ada hal positif yang diberikan rokok terhadap lingkungan atau pun untuk diri kita sendiri, tetapi setiap tahun jumlah perokok selalu bertambah.  Faktor-faktor penyebab kecanduan rokok adalah (a) faktor social atau lingkungan, dimana karakter seseorang banyak dibentuk oleh lingkungan sekitar, baik dari keluarga, tetangga, atau pun teman pergaulan nya; (b) Respon mengulang otomatis ketika seseorang telah melakukan sesuatu berkali-kali dan cukup sering, maka akan tercipta pola pengulangan perilaku tertentu secara otomatis (Bahaya Asap Rokok Bagi Kesehatan dan Lingkungan, 2006).
     Merokok memiliki dampak yang membahayakan bagi kesehatan, merokok membahayakan bagi hampir semua organ tubuh, menimbulkan banyak penyakit dan memengaruhi kesehatan perokok secara umum. Beberapa penyakit yang di sebabkan oleh rokok contohnya saja (a) kanker, (b) jantung, dan (c) gangguan janin (Bahaya Asap Rokok Bagi Kesehatan dan Lingkungan, 2006).
     Tidak hanya dampak negatif yang secara perlahan merusak organ tumbuh. Perokok aktif juga akan mendapatkan dampak yang dapat terlihat secara langsung seperti (a) impotensi, merokok akan mengurangi aliran darah yang diperlukan untuk mencapai suatu keadaan ereksi; (b) wajah keriput, merokok dapat mengurangi aliran oksigen dan zat gizi yang diperlukan sel kulit Anda dengan jalan menyempitkan pembuluh darah di sekitar wajah; dan (c) gigi berbecak, partikel dari rokok s dapat memberi bercak kuning hingga cokelat pada gigi Anda, dan ini juga akan menimbulkan bakteri yang menghasilkan bau di mulut Anda (Bahaya merokok bagi kesehatan, 2008).
      Dampak yang sangat membahayakan dari merokok harus segera di tanggulangi, cara-cara dasar menanggulangi kecanduan merokok adalah (a) niat, niat sangat dibutuhkan, jika kamu ingin berhenti merokok. Bersungguh-sungguhlah dan jangan setengah-setengah; (b) mengunyah permen karet Jika rasa ingin menghisap rokok kamu timbul, kunyahlah permen karet sebagai alat pengganti rokok; (c) pergaulan, hindari pergaulan dengan orang orang yang merokok, usaha berhenti merokok tidak akan berhasil jika kamu terus – terusan bergaul dengan mereka (Cara Mengatasi Kecanduan Merokok, 2008).
      Dengan demikian penanggulangan masalah merokok ini semoga dapat diselesaikan,dan dipertegas oleh pemerintah. Lingkungan dan masyarakat yang lain juga memiliki hak untuk dapat hidup sehat tanpa ada nyaa asap rokok yang sangat mengganggu ini. Jalani lah kehidupan kalian dengan tanpa adanya asap rokok yang merusak dan meracuni anda dan keluarga. Sayangi diri anda dengan pola hidup yang sehat dan tanpa ada nya asap rokok.

Daftar Pustaka
Bahaya Asap Rokok Bagi Kesehatan dan Lingkungan. (2006). Diunduh dari http://www.garutkab.go.id/download_files/article/Bahaya%20Asap%20Rokok%20Bagi%20Kesehatan%20dan%20Lingkungan.pdf
Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh dan Lingkungan . (2008). Diunduh dari http://www.usahamaju.com/2010/10/22/bahaya-rokok-bagi-kesehatan-tubuh-dan-lingkungan/
Bahaya Merokok yang Wajib Diketahui.  (2011). Diunduh dari http://majalahkesehatan.com/8-bahaya-merokok-yang-wajib-diketahui/        
Cara mengatasi Kecanduan Merokok. (2008). Diunduh dari http://www.unikgaul.com/2012/02/cara-mengatasi-kecanduan-rokok.html

26 Oktober 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar