Minggu, 04 November 2012

Banjir (Yulvia Rahmi - 705120110)


Pendahuluan
     Jakarta adalah daerah langganan banjir karena hampir setiap tahun banjir selalu menghampiri kota ini. Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya banjir di Ibukota, salah satunya adalah penataan kota yang buruk. Jakarta dipenuhi dengan gedung-gedung bertingkat, perumahan, dan pusat perbelanjaan mewah. Pembangunan ini menyebabkan kurangnya wilayah resapan air dan penghijauan yang bisa menjadi faktor penyebab banjir. Perbaikan jalan dan selokan yang ditutup semen yang membuat air tidak dapat mengalir dengan lancar juga dapat menyebabkan banjir. Itulah beberapa faktor terjadinya banjir di Jakarta.
Kawasan Rawan Banjir di Jakarta
     Ada 62 kawasan yang berpotensi banjir di Jakarta karena tanggul yang rawan bocor. Di Jakarta Pusat terdapat 9 lokasi, diantaranya Jati Pinggir dan Cempaka Putih. Jakarta Barat memiliki 17 lokasi yang rawan banjir salah satunya kawasan Green Garden sedangkan di Jakarta Timur ada 5 lokasi, contohnya disekitar Kampung Melayu. Jakarta Utara ada 19 lokasi, yaitu Pademangan Barat dan Pademangan Timur. Jakarta Selatan terdapat 12 lokasi, contohnya Pondok Labu. (Tarjuki, dikutip dalam Tempo, 2012)
 Definisi Banjir
     Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), banjir adalah peristiwa        terbenamnya daratan (yang biasanya kering) karena volume air yang meningkat. Sebuah banjir adalah peristiwa yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan (Wikipedia, n.d). Banjir adalah ketika sungai tidak mampu lagi menampung debit air yang besar sehingga air meluap memenuhi sungai dan meluber ke daerah sekitarnya. Luberan air banjir dari sungai akan merendam daerah yang yang lebih rendah (Ahira, n.d).
Proses Terjadinya Banjir
          Proses terjadinya banjir secara alamiah diawali dengan turunnya hujan ke permukaan bumi dan tertahan oleh tumbuhan-tumbuhan, setelah itu masuk ke permukaan tanah. Air mengalir ketempat yang yang lebih rendah setelah itu terjadi penguapan dan keluar kepermukaan daratan. Sedangkan proses terjadinya banjir secara non alamiah karena ulah manusia seperti membuang sampah sembarangan. Sampah membuat aliran air tidak lancar dan sehingga air stuck ditempat pembuangan dan semakin lama semakin menguap sehingga mengenai daratan dan terjadilah banjir (Adzaniah, 2011).
 Penyebab Banjir di Jakarta
     Penyempitan kali diperkirakan sebagai salah satu penyebab banjir di Jakarta. Banjir yang melanda daerah Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur disebabkan karena daerah tangkapan disekitar wilayah tersebut berkurang. Sebagian besar lebar kali yang ada di Jakarta hanya lima meter, yang seharusnya dua puluh meter. Pembangunan bangunan disekitar kali juga ikut andil terjadinya banjir dan sampah yang dibuang semabarangan membuat aliran air tersumbat. Rata-rata ketinggian banjir yang melanda Jakarta sekitar dua meter (Basworo, dikutip dalam Republika, 2012).
Dampak Banjir di Jakarta
     Banjir sangat merugikan manusia dalam berbagai macam aspek, diantaranya: (a) penyakit pasca banjir seperti penyakit kulit dan diare, (b) mematikan usaha karena sumber dan produk-produk usaha yang terendam banjir, (c) kerugian administratif karena dokumen-dokumen penting yang terendam banjir, (d) kehilangan keluarga dan harta benda, (e) bencana nasional karena Indonesia sangat rawan terjadi banjir (Ahira, n.d).
 Penanggulangan Banjir
     Warga Jakarta perlu waspada akan banjir yang dapat terjadi setiap saat. Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menanggulangi banjir, pertama adalah penjagaan area resapan air. Banyak lahan di Ibukota yang sudah diubah menjadi gedung-gedung bertingkat, seharusnya pemerintah menyisakan beberapa daerah resapan air di Jakarta. Pengerukan sungai yang penuh dengan sampah juga bisa membantu untuk menanggulangi banjir. Reboisasi hutan gundul juga dapat menjadi cara yang ampuh untuk mengatasi banjir di Jakarta (Ahira, n.d).


Daftar Pustaka

Adzaniah, D. (2011). Proses Terjadinya Banjir. Diunduh dari http://adzaniahdinda.wordpress.com/2011/10/11/proses-terjadinya-banjir/
Banjir. (n.d). Diunduh dari http://id.wikipedia.org/wiki/Banjir
Banjir. (n. d.). Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia online. Diunduh dari http://www.kbbi.web.id/
Noviansyah, A. Inilah 62 Kawasan Rawan Banjir di Jakarta. Diunduh dari http://www.tempo.co/read/news/2012/04/04/083394608/Inilah-62-Kawasan-Rawan-Banjir-di-Jakarta
Ahira, A. (n.d.). Penyebab Banjir Adalah Keteledoran Kita. Diunduh dari http://www.anneahira.com/banjir-adalah.htm
Putra, A. F. (2012). Inilah Penyebab Banjir di Jakarta. Diunduh dari http://www.republika.co.id/berita/nasional/jabodetabek-nasional/12/04/03/m1wkve-inilah-penyebab-banjir-di-jakarta
Ahira, A. (n.d). Dampak Banjir yang Merugikan Masyarakat. Diunduh dari http://www.anneahira.com/dampak-banjir.htm

26 Oktober 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar