Minggu, 04 November 2012

Merokok (Heny Susanti - 705120091)


Definisi Rokok
     Menurut Wikipedia (2012) rokok adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi tergantung negara) dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah. Rokok dibakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkan membara agar asapnya dapat dihirup lewat mulut pada ujung lain.

Macam-Macam Perokok
     Perokok pasif adalah orang yang secara tidak langsung menghirup asap rokok. Contohnya  Susan menghirup asap rokok dari Andi. Perokok aktif adalah orang yang secara langsung menghisap rokok(perokok). Contohnya Andi sedang merokok.

Jenis-Jenis Rokok
     Rokok berfilter merupakan jenis rokok yang menggunakan penyaring(filter). Rokok tidak berfilter merupakan jenis rokok yang tidak menggunakan penyaring.

Penyebab Merokok
     Secara eksternal adanya gangguan atau paksaan dari lingkungan luar (teman-teman sekitar).  Secara internal muncul dari rasa ingin tahu atau penasaran dalam diri seseorang, sehingga keinginan untuk mencoba rokok pun muncul dan akhirnya orang tersebut menjadi pecandu rokok(perokok aktif).

Dampak Merokok
     Dikalangan anak-anak. Menurut SAMPOERNA Tbk(2011), rokok akan menimbulkan kesan yang negative bagi yang melihat anak tersebut merokok dan menyebabkan anak tersebut terkena penyakit sehingga anak yang merokok tidak memiliki umur yang panjang juga mengalami sakit berkepanjangan jika hidup lama. Dapat menyebabkan kebakaran, karena anak-anak seringkali sembarangan membuang sampah.
     Dikalangan anak sekolah. Menurut SAMPOERNA Tbk(2011), rokok memunculkan kesan yang tidak baik bagi remaja yang merokok juga mengidap penyakit dini di usia remaja. Menambah jumlah perokok pasif di lingkungannya dan menyebarkan penyakit si lingkungannya.
     Dikalangan dewasa selain menimbulkan penyakit bagi diri sendiri, asap rokok yang dihasilkan dapat berdampak buruk bagi orang yang menghirupnya saja lewat hidung. Hal ini juga dapat menjadi contoh yang buruk jika merokok di sembarang tempat sehingga, anak-anak yang belum mengerti bias saja menirunya tanpa tahu dampak yang akan di alami.

Pencegahan Bertambahnya Perokok
     Dikalangan Sekolah. Menurut SAMPORNA Tbk, seharusnya sekolah menyediakan area merokok bagi para perokok, seperti para guru atau pendatang/tamu dari luar sekolah, tidak memperjualbelikan rokok di sekolah, menciptakan area bebas merokok di lingkungan sekolah, memberi peringatan/sanksi bagi para siswa yang membawa/menjual rokok ke lingkungan sekolah, membuat aturan tentang rokok. Mengadakan seminar tentang bahaya rokok, serta penanggulangannya.
     Dikalangan Masyarakat. Menurut SAMPOERNA Tbk,  upaya pencegahan dan penurunan rokok yang dapat dilakukan di masyarakat antara lain dengan: Meningkatkan pajak, menghilangkan iklan, menurunkan kesempatan merokok, mengintensifkan pendidikan tentang bahaya rokok, membentuk klinik berhenti merokok + NRT atau Bupropion , meningkatkan gerakan PHBS ( Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) untuk tidak merokok di dalam rumah ataupun gedung tertutup di mana ada orang lain di sekitar perokok. Apalagi dalam ruangan yang ber AC. Pengamanan rokok bagi kesehatan perlu dilaksanakan dengan ( PP No. 19 Tahun 2003 ), yakni dengan: Pemberian informasi tentang kandungan kadar nikotin dan tar yang ada setiap batang rokok. Pencantuman peringatan bahaya rokok pada label, Pengaturan yang dapat mengendalikan produksi, penjualan, periklanan dan promosi rokok. Penetapan kawasan tanpa rokok pada tempat umum, sarana kesehatan, tempat kerja, tempat proses belajar mengajar, arena kegiatan anak, tempat ibadah dan angkutan umum.  Solusi untuk mengatasi bahaya rokok dengan antara lain dengan menggalakkan kegiatan: Penyuluhan tentang bahaya merokok. Penerbitan hasil penelitian dampak penyakit. Iklan anti rokok. Penegakan kembali komitmen perwujudan kawasan tanparokokditempat-tempat umum. Melaksanakan Instruksi Menkes RI No.84/ Menkes/Instruksi/II/2002 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di tempat kerja dan sarana kesehatan. Dinas Pendidikan dapat memasukan materi bahaya rokok dalam kurikulum belajar di sekolah sehingga para pelajar, remaja dan guru diberikan pengetahuan tentang bahaya rokok.


DAFTAR PUSTAKA

Rokok. (2012). http://id.wikipedia.org/wiki/Rokok
Annahira. (2011). Dampak Negatif Merokok yang Mengerikan.http://www.anneahira.com/dampak-negatif-merokok.htm
Akibat Merokok. (2011). http://www.tribunnews.com/2012/04/30/merokok-itu-penyebab-utama-kanker-paru-paru
Wardhani A. K. (2012). Merokok Itu Penyebab Utama Kanker. http://www.tribunnews.com/2012/04/30/merokok-itu-penyebab-utama-kanker-paru-paru

24 Oktober 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar