Minggu, 04 November 2012

Kemacetan (Mia Sylvia Sanjaya - 705120105)


Pengertian Kemacetan
     Kemacetan lalu lintas merupakan suatu hal yang sudah biasa kita dengar bahkan sering sekali kita menemukan dan mengalaminya dalam kehidupan sehari-hari. Kemacetan mempunyai makna yaitu dimana suatu situasi atau keadaan tersendatnya atau bahkan terhentinya lalu lintas yang disebabkan oleh banyaknya kendaraan melebihi kapasitas jalan. Kemacetan sering terjadi di kota-kota besar yang tidak mempunyai transportasi publik yang kurang memadai dan tidak seimbang antara kebutuhan jalan dengan kepadatan penduduk seperti Jakarta. Alfariszy (2010) mengatakan bahwa “Pada hakekatnya kemacetan adalah jumlah input lebih banyak dari pada jumlah output atau dalam artian lalu lintas jumlah kendaraan yang masuk lebih banyak dari jumlah yang keluar dalam satu jalur.”

Penyebab Kemacetan
            ”Kemacetan di ibukota DKI Jakarta tidak dapat dihindari, terutama pada titik-titik persimpangan baik di jalan-jalan protokol hingga di jalan tikungan” (Pembatasan kendaraan untuk mengurangi kemacetan Jakarta, 2008). Penyebab kemacetan dikarenakan banyaknya volume kendaraan yang tidak sesuai dengan luasnya jalan raya, tetapi tidak hanya itu kemacetan dapat saja disebabkan oleh adanya perbaikan jalan-jalan yang berlubang. Masalah semakin terasa ketika pengguna kendaraan pribadi seperti motor dan mobil yang sangat besar melebihi kendaraan umum yang tersedia. Kemacetan juga dapat muncul ketika setiap pagi semua orang yang mempunyai tujuan untuk pergi kerja ataupun sekolah ingin cepat-cepat mencapai tujuan mereka sehingga tidak adanya keteraturan dalam berlalu lintas.

Dampak Kemacetan
            Kemacetan yang dialami semua orang tentunya mempunyai dampak yang buruk bagi kita sendiri. Salah satu dampak yang sangat terasa adalah pemborosan waktu bagi para pengguna jalan raya. Tempat tujuan yang seharusnya hanya memakan waktu pendek tetapi karena adanya kemacetan ini maka membutuhkan waktu yang lama untuk mencapainya. Selain itu, semakin bertambahnya volume kendaraan tentunya akan mengakibatkan polusi udara yang meningkat sehingga berdampak terhadap lapisan ozon yang membuat suatu permasalahan yaitu pemanasan global. Kemacetan mempunyai dampak-dampak lain yang semuanya dirasakan oleh kita sendiri. Menurut sebuah penelitian, kemacetan tersebut membuat masyarakat Jakarta mengalami kerugian hingga Rp 48 triliun per tahun (“Pembatasan kendaraan untuk mengurangi kemacetan Jakarta,” 2008).

Penanggulangan Kemacetan
            Kemacetan yang terjadi terus-menerus tentunya akan membuat kita semua merasa kesal, stress, muak dan semua hal negatif itu akan bisa kita cegah dan kita kurangi. Kemacetan sesungguhnya dapat kita kurangi bahkan kita hilangkan jika semua orang bekerjasama dalam menangani dan peduli terhadap masalah yang terjadi. Salah satu solusi yang bisa dilakukan antara lain peningkatan kapasitas jalan atau prasarana, keberpihakan kendaraan umum yaitu dengan mengoptimalkan angkutan yang efisien dalam penggunaan ruang jalan dan pembatasan kendaraan pribadi, dan berikut ini adalah berbagai macam solusi dalam mengatasi kemacetan di Jakarta, di antaranya peningkatan kapasitas jalan atau prasarana, keberpihakan kendaraan umum yaitu dengan mengoptimalkan angkutan yang efisien dalam penggunaan ruang jalan, pembatasan kendaraan pribadi, jalur three in one lebih diperluas wilayahnya dan tidak menggunakan batas waktu, jalan-jalan yang dilalui busway yang menyebabkan penyempitan badan jalan harus segera diperlebar, membangun transportasi massal lain, seperti misalnya subway atau monorel. menerapkan usia kendaraan yang layak beroperasi. Ini juga dapat mengurangi polusi, meningkatkan tarif pajak kendaraan bermotor, khususnya kendaraan   roda empat, mengadakan pelatihan atau seminar kepada supir-supir angkutan umum  tentang keselamatan dan peraturan berlalu lintas, menegakkan aturan dengan menindak tegas semua pelanggar lalu lintas tanpa kecuali ataupun oknum polisi yang berbuat pungli, memperbanyak dan terus menerus mengingatkan masyarakat melalui spanduk, brosur, ataupun iklan tentang disiplin berlalu lintas. Baik di media Cetak ataupun media elektronik. Jika kita semua menjalani solusi tersebut dengan benar saya yakin kemacetan dapat teratasi dengan baik.


Daftar Pustaka

Alfaridzy, Solusi kemacetan kota Jakarta. 2010. Diunduh dari http://alfaridzy.wordpress.com/tag/artikel-kemacetan-jakarta/
Pembatasan kendaraan untuk mengurangi kemacetan Jakarta. 2008. Diunduh dari http://bulletin.penataanruang.net/upload/data_artikel/wacana%20kemacetan.pdf
Mengurai kemacetan di Jakarta. Diunduh dari http://www.variant-info.com/component/content/article/46-artikel

24 Oktober 2012
                                                                                   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar