Minggu, 04 November 2012

Kejujuran (Riesdha Meidina - 705120079)


Pengertian Kejujuran
     Menurut Lestari (dikutip dalam arti kejujuran, 2010) kejujuran adalah mengakui, berkata atau memberikan informasi yang sesuai dengan kenyataan dan kebenaran. Kejujuran adalah berbuat, berperilaku sesuai dengan kenyataan yang ada tanpa ada yang dikurang-kurangin atau dilebih-lebihkan. Kejujuran berasal dari hati nurani dan tidak bisa dipaksakan.

Macam-macam Kejujuran
     Menurut Aidh (dikutip dalam macam-macam kejujuran, 2011) ada beberapa macam kejujuran diantaranya (a) jujur dalam ucapan wajib bagi manusia untuk menjaga lisanya tidak berkata kecuali benar dan jujur, (b) jujur dalam tekad dan memenuhi janji manusia harus menepati janjinya karena janji itu adalah utang, (c) jujur dalam perbuatan seimbang antara lahiriah dan batiniah, (d) jujur dalam kedudukan agama ini adalah kedudukan yang paling tinggi, sebagaimana jujur dalam rasa takut, pengharapan, dalam rasa cinta dan tawakkal. Kalau seseorang menjadi sempurna karena kejujurannya maka akan dikatakan orang ini adalah benar dan jujur.

Faktor-faktor Kejujuran
     Menurut Nugroho (dikutip dalam 4 alasan anda harus jujur, 2010) beberapa faktor-faktor kejujuran diantaranya (a) jujur dapat menguntungkan diri sendiri orang lain apabila kita jujur otomatis kita akan dipercaya oleh orang lain dan orang lain akan puas dengan pekerjaan kita karena kita jujur, (b) jujur itu ibadah disetiap kitab suci pasti ada perintah untuk bersikap jujur dan larangan untuk berbohong, (c) jujur membuat kita percaya diri apabila kita yakin dengan pekerjaan kita otomatis kita akan percaya diri dengan pekerjaan yang kita kerjakan sendiri, (d) jujur membuat pintar jika anda jujur terhadap kemampuan yang anda miliki saat ini, tentu anda akan menyadari bahwa kita memiliki kelebihan dan kekurangan.

Ciri-ciri Orang yang Bersikap Tidak Jujur
     Menurut Taufik (dikutip dalam ciri-ciri pembohong, 2009) ciri-ciri orang yang tidak jujur diataranya (a) gerakan kaki orang yang berbohong makan akan mengetuk-ngetukan kaki mereka ke tanah, (b) menggaruk-garuk orang yang sedang berbohong maka akan menggaruk-garukan kepala untuk mencari kata-kata selanjutnya untuk ia berbohong, (c) perubahan nada suara dan berkata lebih hati-hati nada bicara orang yang sedang berbohong adalah dengan nada tinggi berate orang tersebut sedang berdusta, (d) keringat dingin orang yang berbohong maka dia akan panik otomatis tubuhya berkeringat dingin.

Manfaat Jujur
     Menurut Lazuardi (dikutip dalam manfaat berkata jujur, 2011) ada beberapa macam manfaat dari kejujuran diantaranya (a) perasaan dan hati tenang jujur akan membuat pelakunya menjadi tenang dan tidak memiliki beban karena ia tidak takut akan diketahui kebohongannya, (b) mendapatkan pahala jujur akan membuat pelaku mendapatkan pahala dari tuhan, (c) akan dihormati oleh sesama manusia karena semua orang menghargai kejujuran, (d) mendapatkan keberkahan dalam usahanya jika kita bersikap jujur maka akan diberikan keberkahan dan kenikmatan dari tuhan, (d) selamat dari bahaya kejujurannya akan membawa manusia ke jalan yang benar, (e) banyak teman karena kejujuran membuat orang-orang disekitar kita akan senang berteman dengan kita. Mereka menganggap kalau kita adalah orang yang dapat dipercaya, (f) memiliki nama baik jika kita sering berbuat jujur, maka akan banyak orang yang mengetahui hal tersebut. Jika banyak orang yang mengetahui hal tersebut nanti diluar mereka akan membicarakan tentang kejujuran kita.


Daftar Pustaka

Puji Lestari. (2010). Arti Kejujuran. Diunduh dari
     http://pujilestari23.blogspot.com/2010/05/artikejujuran.html?m=1
Leon Aidh. (2011). Macam-macam Kejujuran. Diunduh dari http://lenoaidhselffreedomemotion.blogspot.com/2011/09/macam-macam-kejujuran.html.
Rangga Pranoto Nugroho. (2010). 4 Alasan Anda Perlu Jujur. Diunduh dari http://27duatujuh.wordpress.com/2010/05/25/4-alasan-anda-perlu-jujur/.
Bintang Taufik. (2009). Ciri-ciri Pembohong. Diunduh dari  http://blogbintang.com/ciri-pembohong.
Rizky Lazuardi. (2011). Manfaat Berkata Jujur. Diunduh dari http://islamiqolbu.blogspot.com/2011/01/manfaaat-berkata-jujur.html.

25 Oktober 2012

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. "Menurut Nugroho (dikutip dalam 4 alasan anda harus jujur, 2010) beberapa faktor-faktor kejujuran diantaranya (a) jujur dapat menguntungkan diri sendiri orang lain apabila kita jujur otomatis kita akan dipercaya oleh orang lain dan orang lain akan puas dengan pekerjaan kita karena kita jujur, (b) jujur itu ibadah disetiap kitab suci pasti ada perintah untuk bersikap jujur dan larangan untuk berbohong, (c) jujur membuat kita percaya diri apabila kita yakin dengan pekerjaan kita otomatis kita akan percaya diri dengan pekerjaan yang kita kerjakan sendiri, (d) jujur membuat pintar jika anda jujur terhadap kemampuan yang anda miliki saat ini, tentu anda akan menyadari bahwa kita memiliki kelebihan dan kekurangan."

    Ini adalah tulisan saya sewaktu masih di bangku sekolah. Tolong dihapus karena khawatir ada kesalahan di dalamnya.

    Terima kasih

    Bogor, Selasa 15 Maret 2018
    Rangga Pranoto Nugroho

    BalasHapus