Seorang
manager dalam perusahaan memiliki kinerja yang berbeda-beda, dan memberikan
kontribusi dengan kadar yang berbeda-beda. Mereka juga memiliki cara yang
berbeda-beda untuk mencapai posisi yang lebih tinggi dalam perusahaan.
Berdasarkan cara dan kontribusi mereka dalam perusahaan, manager terbagi
menjadi 2 tipe, yaitu successful manager dan effective manager.
Sebelum
membahas lebih lanjut mengenai kedua tipe manager tersebut, mari kita lihat
terlebih dahulu aktivitas yang dilakukan oleh seorang manager pada umumnya.
Aktivitas yang lazimnya dilakukan oleh seorang manager adalah routine
communication (meliputi general desk work, processing paperwork, menyampaikan
hasil rapat, melakukan pertukaran informasi mengenai hal terkait pekerjaan,
dsb), traditional management (planning, decision making, controlling),
networking (sosialisasi, meliputi percakapan tidak terkait pekerjaan,
menjatuhkan orang lain), dan human resource management (motivating,
disciplining, mengatasi konflik, traning/developing).
Seorang
manager yang successful biasanya akan mencapai posisi jabatan yang tinggi dalam
perusahaan dengan waktu yang terbilang cukup singkat. Fokusnya adalah dengan
melakukan networking untuk mencapai posisi yang lebih tinggi dalam perusahaan.
Melihat penjelasan sebelumya mengenai networking, ini berarti yang dilakukan
oleh manager yang successful adalah dengan mencari dan mengandalkan koneksi
untuk mencapai posisi yang lebih tinggi dalam perusahaan, dan tidak mustahil
jika mereka juga menjatuhkan orang lain untuk mencapai posisi tersebut. Namun
jika melihat hasil kerja dan kontribusi mereka bagi perusahaan, dapat dikatakan
mereka tidak menguntungkan bagi perusahaan, karena tidak memberikan kontribusi
yang berarti bagi kemajuan perusahaan dalam mencapai goal. Banyak orang yang
lebih memilih untuk menjadi manager yang successful daripada efektif yang
mungkin disebabkan karena keinginan untuk memenuhi kebanggaan pribadi.
Effective
manager adalah manager yang fokus pada aktivitas human resource management,
dimana manager yang efektif lebih banyak melakukan pertukaran informasi
mengenai pekerjaan dengan orang di lingkungan kerjanya, memberi feedback bagi
hasil kerja anggotanya, menyelesaikan konflik yang terjadi, dan mengadakan
training & development. Manager yang efektif memberikan kontribusi yang besar
bagi perusahaan dalam mencapai tujuan bersama dengan kinerja mereka yang baik.
Tipe manager seperti inilah yang paling dibutuhkan dan lebih menguntungkan
perusahaan.
Perlu
diingat bahwa tujuan dari perusahaan adalah mencapai goal, dan untuk mencapai
goal tersebut dibutuhkan kontribusi yang optimal dari pekerja termasuk manager
yang efektif. Manager yang successful memang memiliki keuntungan tersendiri
karena dapat mencapai posisi yang tinggi dalam perusahaan dengan jangka waktu
yang singkat dan bermodalkan koneksi, namun jika perusahaan menghadapi krisis
dan memutuskan untuk mengurangi jumlah pekerjanya, maka kemungkinannya lebih
besar bagi manager yang successful untuk diberhentikan dibanding manager yang
effective, karena manager yang efektif memberikan kinerja yang baik dan
dibutuhan perusahaan untuk menghadapi situasi krisis. Jadi, ingin menjadi
manager dengan tipe yang manakah anda? Sukses dengan cepat atau efektif dan
menguntungkan perusahaan? Pilihan di tangan anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar