Kamis, 31 Oktober 2013

Yuk Jaga Kebersihan Daerah Vital (Ivonne Tjendra)


     Kebersihan daerah vital merupakan hal yang penting untuk selalu dijaga, apabila tidak maka akan muncul beberapa penyakit di daerah ini, mulai dari rasa gatal yang dikarenakan munculnya serangga atau kutu, bernanah, hingga yang paling fatal dapat menyebabkan kematian. Mendengarkannya saja sudah begitu mengerikan ya. Penyakit di daerah vital ini umumnya disebabkan oleh bakteri, virus, jamur, kutu atau serangga. Asal mula datangnya bakteri, virus, jamur, kutu atau serangga ini tentu karena kebersihan daerah vital yang tidak terjaga dengan baik, seperti daerah vital yang lembab, hubungan seksual yang tidak bersih dan sehat, toilet yang terkontaminasi oleh sumber penyakit.

     Disini saya ingin berbagi sedikit tentang pengalaman saya dalam menjaga kebersihan daerah vital, karena saya menganggap kebersihan daerah vital tidak boleh dilupakan untuk dijaga kebersihannya karena dengan organ inilah manusia bereproduksi. Saya mulai dari hal yang paling sederahan dan cukup mudah untuk dilakukan, seperti menjaga kelembaban di daerah vital tersebut dengan cara menyediakan tisu disaat detelah buang air kecil atau buang air besar, karena bila daerah vital yang basah atau lembab akan memicu tumbuhnya jamur di daerah tersebut. Hal lain yang dapat dilakukan adalah dengan mengganti celana dalam minimal 2 kali dalam satu hari. Kemudian pada saat dalam masa menstruasi usahakan agar mengganti pembalut minimal 4 kali sehari, kebiasaan jarang mengganti pembalut dapat menyebabkan kulit sekitar daerah vital menjadi iritasi dan gatal, bila hal itu terjadi makan penggantian pembalut perlu dilakukan.

     Cara lainnya adalah dengan memastikan bahwa celana dalam dicuci dengan bersih dan bebas dari pewangi atau pelembut pakaian, hal ini bertujuan untuk  mengurasi iritasi yang disebabkan oleh pewangi atau pelembut pakaian tersebut. Bila perlu dapat ditambahkan cairan antiseptik pada bilasan terakhir agar bakteri dapat hilang dengan sempurna, kemudian jemur hingga benar-benar kering. Cara lain berkaitan dengan kebersihan toilet, dimana kita sering berbagi pemakaian toilet kepada orang lain. Pada saat menggunakan kloset duduk sedapat mungkin hindari sentuhan langsung dari toilet yang baru saja digunakan orang lain, kita dapat menggunakan tisu untuk melapisi permukaan dudukan toilet, atau membersihkan dengan cairan antiseptik khusus dudukan toilet yang dapat dibeli di apotik-apotik terdekat. Apabila kita sedang menggunakan toilet jongkok atau squat toilet, kurangi menyemprot atau membilas dengan air pada saat sedang berjongkok karena bakteri dan kuman akan ikut terbang pada saat air jatuh ke dalam kloset. Kita dapat menggunakan tisu yang telah dibasahi dengan air untuk membilas satau membasuh daerah vital. Hal-hal tersebut adalah cara paling mudah yang bisa diterapkan oleh kita dalam menjaga kebersihan daerah vital kita. Hal lain yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan seks aman dan sehat dengan tidak berganti-ganti pasangan seksual dan memakai kondom pada saat berhubungan seksual. Semoga sedikit pengalaman saya dapat memberikan informasi dan meningkatkan kesadaran bagi para membaca dalam menjaga ksehatan daerah vital. Terima kasih…

30 Oktober 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar