Rabu, 30 Oktober 2013

Fakta Mengenai Kanker Payudara (Refacha Violany)

Kanker payudara?

Sepertinya kita sering mendengar kanker yang menyerang salah satu organ vital wanita ini. Tapi apakah anda tahu fakta-fakta lain dari kanker payudara?

Sebelum membahas mengenai fakta-fakta lain dari kanker payudara, mari membahas terlebih dahulu apa itu kanker payudara dan faktor pemicu apa saja yang dapat menyebabkan kanker payudara.

Kanker payudara adalah keganasan yang terdapat pada jaringan sel-sel pada payudara. Kanker payudara merupakan pembunuh nomor dua pada wanita setelah kanker rahim. Penyebab kanker payudara tidak lain adalah dari gaya hidup wanita. Kanker payudara ternyata tidak terjadi pada wanita saja tetapi bisa juga terjadi pada kaum pria. Tetapi wanita cenderung memiliki risiko tinggi terkena kanker payudara dibanding pria karena perubahan hormon estrogen dan progesteron yang dimilikinya. Perokok, peminum minuman keras, penggunaan obat-obat terlarang merupakan salah satu pemicu terberat penyakit kanker payudara. Terdapat beberapa fakta lain mengenai kanker payudara, yang para wanita perlu perhatikan:

1. Kanker payudara tidak menyerang kulit payudara yang berfungsi sebagai pembungkus. Kanker payudara menyebabkan sel dan jaringan payudara berubah bentuk menjadi abnormal dan bertambah banyak secara tidak terkendali.

2. Pengobatan pada kanker serviks ternyata dapat pula digunakan untuk pengobatan kanker payudara

3. Penelitian mengatakan bahwa mengkonsumsi tepung terigu dapat meningkatkan resiko kambuh nya penyakit kanker payudara pada survivor

4.  Kacang kedelai memang menjadi makanan yang sehat bagi orang yang melakukan diet akan tetapi kandungan phytoentrogens yang dikandung dalam kacang kedelai ini dapat meningkataan resiko yang dapat memicu timbulnya kanker payudara, 

5. Penggunaan pil hormon yang berlebihan pada wanita penderita monopause ternyata dapat menjadi penyebab kanker payudara dan penggunaan pil hormon dalam jangka waktu lama dapat meningkatkan resiko terserang penyakit kanker payudara.

6. Risiko kanker payudara meningkat seiring bertambahnya usia. Wanita dari segala usia bisa mengembangkan kanker payudara dan statistik berbicara itu dimana wanita di bawah 25 sudah bisa didiagnosis mengalami kanker payudara.

 Kanker payudara memang merupakan momok yang menyeramkan bagi wanita, karena selain dari pola hidup yang tidak sehat, kanker payudara juga dapat dipicu oleh garis keturunan (pewarisan gen). Tetapi, kanker payudara dapat di minimalisir dengan melakukan deteksi pada payudara sedini mungkin.

Tetap jalani pola hidup yang sehat, dan lakukan pemeriksaan rutin ya girls! :-)

30 Oktober 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar