Kamis, 10 Oktober 2013

Satu Pertemuan Beribu Pengalaman (Ayu Arindhi Asmy)

Ada yang beda dengan kelas kali ini.. Dosen dan assistennya sih tetap sama, mahasiswanya juga sama.. Apa hayo yang beda?? hehehe.. Kejutan dari Bu Henny... Beliau mendatangkan beberapa alumni Psikologi Untar yang jauh lebih senior dari kami. Mereka telah melanglang buana di dunia pekerjaan.

Ada tiga alumni yang datang untuk mengisi perkuliahan kali ini dengan berbagai pengalaman yang siap untuk dishare dengan kami.. WooHooo!!! Menambah pengalaman dan ilmu juga untuk kami ketika kami telah memasuki dunia kerja.

Bapak Jerry, begitulah beliau memperkenalkan dirinya ketika di kelas. Beliau bekerja sebagai HRD diperusahaan yang berbau perkebunan dan pertambangan. Kenapa saya tertatik dengan beliau?? Karena pekerjaannya yang sering keluar kota dan menjelajah ke kebun-kebun dan tambang-tambang. Pekerjaan seperti itulah yang saya harapkan, jika saya membayangkan harus menjadi hrd yang terus-menerus diam di kantor, betapa bosannya hidup saya (hehehe belum dijalani saya sudah bilang bosan). 

Ketika beliau menceritakan pengalaman kerja beliau yang sering berada diluar kota dan cenderung di pedesaan dan juga masih sekitar hutan tentunya akan banyak berurusan dengan masyarakat pedesaan yang terkadang masih menggunakan kekerasan dan senjata tajam untuk menyelesaikan masalah. Beliau mengatakan bahwa beliau pernah hampir digorok oleh masyarakat ketika terjadi masalah persengketaan lahan perkebunan.  Wuiih serem yaaah golok udah di leher, kalo saya yang disana udah gemetaran deh (hehehe). Pak Jerry juga mengatakan bahwa kita harus pintar-pintar dalam melihat masyarakat apakah mereka benar-benar akan melakukan kekerasan atau hanya sebatas gertak saja.

Membayangkan pekerjaan Pak Jerry yang keliling ke kota-kota dan perkebunan rasanya nikmat sekali tapi kalo melihat resiko yang akan terjadi bikin takut untuk menjadi hrd diperusahaan  perkebunan. Mungkin saya harus menyiapkan mental dari sekarang agar siap menghadapi situasi seperti diatas. Dan tentunya terlebih dahulu saja harus mempersiapkan skill saya agar menjadi hrd yang berkualitas nantinya.. Amiin..
 
7 Oktober 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar