Kamis, 31 Oktober 2013

Woman and Breast Cancer (Melisa Mustika)

Breast cancer atau kanker payudara merupakan jenis kanker paling umum yang diderita kaum perempuan. Namun tidak hanya dialami oleh kaum perempuan, penyakit ini juga bisa dialami oleh laki-laki. Pengobatan yang paling umum terhadap penyakit ini adalah pembedahan. Pembedahan dilakukan untuk mengangkat sebagian atau seluruh bagian payudara yang mengandung sel kanker. Hal ini menyebabkan pasien kehilangan sebagian atau seluruh bagian payudaranya yang tentunya akan berpengaruh pada keadaan psikologis pasien tersebut.

Perempuan yang melakukan operasi pengangkatan payudara atau mastektomi biasanya akan merasa bahwa dirinya bukan sepenuhnya perempuan. Mereka tidak bahagia dengan keadaannya. Beberapa perempuan memilih untuk melakukan operasi payudara buatan yang diambil dari lemak pada bagian perut mereka. Untuk melakukan operasi pembuatan payudara, dibutuhkan keberanian dari pasien. Pasien yang memiliki pandangan yang positif dan optimis akan jauh lebih mudah menjalankan operasi. Setelah melakukan operasi pembuatan payudara, biasanya perempuan akan merasa lebih bahagia dan menjadi perempuan seutuhnya.

Perempuan perlu melakukan pemeriksaan pada payudaranya sendiri secara rutin untuk memperkecil risiko terkena kanker payudara. Selain itu, perempuan juga perlu melakukan mammografi setiap tahunnya untuk mendeteksi timbulnya kanker payudara.

29 Oktober 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar