Rabu, 02 Oktober 2013

Pregnancy and Birth & Contraception and Abortion (Jeanne Khu Sanny)

Kehamilan merupakan proses yang sangat dinamis dan kompleks. 
Pertama, fertilisasi terjadi dalam waktu 24jam. Ovum yang dibuahi disebut zygot, kemudian terjadi pembelahan sel yang disebut blastocyst. Perkembangan organisme dari minggu ke dua sampai ke delapan disebut embrio, kemudian terdapat plasenta sebagai penghubung yang menyediakan nutrisi, membantu pernafasan, dan sekresi hormon selama kehamilan
SIGN: tidak terjadinya menstruasi, nyeri pada payudara, sering buang air kecil dan morning sickness. 
 Kehamilan dibagi menjadi tiga periode yaitu 
  • Trisemester pertama merupakan 13 minggu awal kehamilan
  • Trisemester kedua merupakan minggu 14-28 kehamilan
  • Trisemester ketiga merupakan periode terakhir kehamilan, yaitu minggu ke 28-40, dan berakhir dengan lahirnya seorang anak.
Untuk tetap sehat selama masa kehamilan dibutuhkan olahraga ringan, mendapatkan kandungan nutrisi seperti protein, kalori, zat besi, kalsium, asam folat, dan vitamin B6 (ada pada susu, yogurt, daging, sayuran, kacang-kacangan, dan buah) serta menghindari obat-obatan dan alkohol.
Proses kelahiran terjadi dalam tiga tahap. 
  1. Tahap pertama terjadi dalam waktu 20-24 menit. Rahim melebar dan terjadi kontraksi hingga rahim melebar 8-10cm.  
  2. Tahap ke dua ketika rahim telah melebar maksimal, pengeluaran bayi dimulai dan kontraksi semakin sering. pada tahap ini bagian kepala bayi akan segera muncul dan bayi menangis. 
  3. Tahap ke tiga plasenta akan keluar setelah proses kelahiran.
Hubungan seksual yang aman dilakukan pasca proses melahirkan normal dan caesar adalah 2 minggu agar tidak terjadi infeksi dan rahim kembali dalam posisi awal. Pada wanita yang melakukan episiotomy adalah tiga minggu agar jahitan dapat pudar.

... ... ... ... ... ... ... ... ...... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ..

Kontrasepsi adalah pencegahan kehamilan dengan menggunakan beberapa alat untuk mencegah ovulasi, fertilisasi dan implantasi. Beberapa metode yang digunakan seperti kondom, pil KB, diaphragm, contraceptive sponge,  Leashield, NuvaRing , Ortho Evra Patch, minipills, Subdermal Implants, Femcap, etc.
Supaya tidak terjadi kehamilan lagi, dapat dilakukan sterilisasi pada wanita (tubal sterilization) dan pada pria (vasektomi)
... ... ... ... ... ... ... ... ...... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... 

Aborsi adalah hal yang ilegal, namun banyak terjadi aborsi dikarenakan beberapa alasan seperti tidak memiliki kemampuan menjaga anak, masalah finansial, hubungan dengan pasangan, kerja, masih bersekolah dan isu keluarga.
Terdapat tiga prosedur aborsi yaitu first tri-semester surgical abortion (14 minggu pertama, Second tri-semester surgical abortion (14-24 minggu) dan Partial-birth abortion (18-26 minggu)
Aborsi juga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi pil aborsi dan muncul simptom fisiologis seperti keram, pendarahan yang berat dan mual. Simptom psikologis diantaranya perasaan depresi atau perasaan bersalah, kesedihan, kehilangan dan ketakutan.
30 September 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar