Kamis, 10 Oktober 2013

Perempuan & Kesehatan Fisik (Melisa Mustika)

Perempuan yang kurang memperhatikan kesehatannya memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk mengalami penyakit. Beberapa penyakit tertentu, umumnya hanya dialami oleh perempuan. Kanker serviks merupakan salah satu contoh penyakit yang hanya dialami perempuan. Kanker serviks merupakan penyakit yang menyerang leher rahim dan disebabkan oleh infeksi Human Papiloma Virus (HPV). Salah satu penyebab kanker serviks adalah berhubungan seksual pada usia muda dengan bergonta-ganti pasangan. Selain itu, rendahnya tingkat kebersihan sehari-hari (khususnya pada organ genital) juga dapat menyebabkan kanker serviks.

Salah satu gejala kanker serviks adalah sering merasa sakit saat berhubungan seksual. Rasa sakit yang dialami saat berhubungan seksual merupakan suatu hal yang normal apabila hanya dialami pada saat pertama kali melakukan hubungan seksual. Tetapi apabila sudah sering melakukan hubungan seksual dan masih mengalami rasa sakit itu bukanlah hal yang wajar. Selain itu, pendarahan spontan diluar siklus menstruasi juga merupakan salah satu gejala kanker serviks. Pendarahan dapat dikatakan normal apabila terjadi selama masa-masa haid. Tetapi apabila pendarahan terjadi diluar masa-masa haid, itu bukanlah hal yang wajar. Sebaiknya Anda konsultasi pada ahlinya dan lakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Saat ini pengobatan untuk kanker serviks sudah cukup berkembang. Kanker serviks dapat diobati melalui operasi pengangkatan, radioterapi, atau kemoterapi. Pengobatan yang diberikan tergantung  pada stadium kanker. Biasanya, jika kanker serviks sudah diketahui sejak stadium awal, pengobatan yang diberikan tidak sampai melakukan operasi pengangkatan. Tetapi apabila kanker baru diketahui pada stadium akhir, maka pengobatannya pun lebih sulit. Perempuan perlu memiliki pola hidup sehat untuk terhindar dari penyakit ini.

5 Oktober 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar