Rabu, 30 Oktober 2013

Berpikiran Positif dan Jaga Pola Hidup Sehat (Priskila Shela Habibuw)

     Pada pertemuan minggu lalu, para mahasiswa kelas Psikologi Perempuan berkesempatan untuk menonton sebuah film tentang proses operasi rekonstruksi payudara. Yaa, sebuah film yang cukup “mengerikan” untuk ditonton. Karena dalam film tersebut ditayangkan secara jelas seluruh proses operasi tanpa sensor sedikit pun. Berbagai ekspresi takut, terlihat pada teman-teman saya (dan juga saya, haha).
     Dalam film tersebut, seorang wanita yang terkena kanker payudara, telah menjalani mastektomi (pengangkatan payudara). Setelah menjalani mastektomi, wanita tersebut memutuskan untuk melakukan operasi rekonstruksi payudara. Teknik rekonstruksi yang digunakan adalah TRAM Flap (Transverse Rectus Abdominal Flap), yaitu memindahkan sebagian otot, lemak, dan kulit dari dinding perut, untuk membentuk payudara baru. Otot perut dipakai karena volumenya cukup besar, sehingga dapat membentuk payudara baru yang bervolume sama dengan payudara yang diangkat. Manfaat lain yang diperoleh dengan menggunakan teknik TRAM Flap yaitu dapat merampingkan perut.
     Satu hal yang saya pelajari setelah menonton film tersebut adalah, sikap positif yang dimiliki oleh wanita tersebut dalam menjalani rangkaian operasi, untuk bisa sembuh dari penyakitnya. Tidak ada seorang pun yang menginginkan dirinya mengalami penyakit. Penyakit bisa menyerang siapa saja, tanpa mengenal usia, jenis kelamin. Namun jika sampai terkena penyakit tertentu, tetaplah berpikiran positif, optimis, jangan sampai putus asa dan kehilangan harapan untuk bisa sembuh. Tubuh dan pikiran kita saling memengaruhi satu sama lain. Jika pikiran kita positif, maka tubuh pun akan merespon positif. Oleh karena itu, tetaplah berpikir positif, karena dengan berpikiran positif, akan membantu mempercepat proses kesembuhan itu sendiri.
     Hal lain yang saya pelajari yaitu, kesehatan itu mahal. Bayangkan jika kita mengalami suatu penyakit, dan sampai harus melakukan operasi agar bisa sembuh, tentunya biaya operasi yang dikeluarkan tidaklah sedikit. Sebelum terlambat, banyak hal yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit itu datang. Yaitu, menjaga pola hidup sehat, dengan rajin berolahraga, menjaga pola makan dan istirahat, tidak mengkonsumsi rokok, minuman beralkohol, serta mengecek kesehatan diri sendiri untuk mendeteksi kemungkinan terkena suatu penyakit. Mari jaga pola hidup sehat, jangan sampai menyesal di kemudian hari. Dan apapun yang terjadi, tetaplah berpikiran positif. 
31 Oktober 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar