Rabu, 30 Oktober 2013

Mencegah lebih baik dari pada mengobati (Fera Lumumba Tampubolon)

Apapun yang kita perbuat dalam hidup kita pasti ada dampak yang kita rasakan. Pola hidup yang sehat tentu menghasilkan kemungkinan memiliki badan yang sehat, dan sebaliknya. Di jaman sekarang ini, tidak dapat dipingkiri bahwa resiko terkena penyakit menjadi lebih besar lagi, jadi gaya hidup sangat mempengaruhi kondisi tubuh kita loh...Khususnya perempuan, sangat banyak penyakit yang dapat di derita oleh perempuan akibat dari gaya hidup yang tidak sehat. Banyaknya penyakit-penyakit yang menghantui perempuan saat ini harusnya membuat para perempuan menjadi semakin menjaga kesehatannya dan dapat mencegah penyakit-penyakit yang mematikan tersebut.

Penyakit-penyakit yang didominasi oleh penderita perempuan lumayan banyak macamnya, mulai dari kanker serviks dan berbagai macam penyakit seksual lainnya, lupus, sampai dengan kanker payudara. Mungkin kita sudah banyak yang tau, bahwa penyakit-penyakit tersebut sangat sulit untuk disembuhkan, kalaupun dapat disembuhkan mungkin dengan biaya yang tidak sedikit.

Untuk mencegah penyakit-penyakit tersebut, kita dapat memulainya dengan mengubah pola dan gaya hidup kita menjadi lebih sehat lagi. Gaya hidup yang sehat dapat dilakukan dengan makan makanan yang sehat (seperti buah, sayur, dan makanan lainnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh), olah raga yang teratur, serta menghindari kondisi pikiran yang stress dan penuh tekanan (karena stress merupakan salah satu penyebab dari datangnya penyakit-penyakit mematikan tersebut). Kemudian yang paling penting lagi adalah jangan lupa untuk medical check up secara teratur, agar kita lebih dapat mengontrol dan mengetahui kondisi tubuh kita. :)

Mungkin dengan melakukan beberapa upaya tersebut dapat mengurangi resiko terkena dari penyakit mematikan, namun  bukan berarti kita benar-benar terhindar dari penyakit tersebut. Upaya-upaya tersebut hanya mengurangi resiko terkena penyakit, dan kemungkinan untuk terkena penyakit masih ada. Kalau udah terkena salah satu penyakit tersebut apa yang harus kita perbuat? Tentunya lakukan tindakan medis terlebih dahulu, kemudian menjalankan pengobatannya dengan baik, dan kalau bisa hindari dari berbagai kondisi yang membuat diri kita menjadi stress atau tertekan (karena akan memperparah penyakit itu).

Pepatah yang menyebutkan mencegah lebih baik dari pada mengobati memang benar. Kalau udah terkena penyakitnya tentu akan mengeluarkan usaha dan tenaga yang ekstra agar dapat pulih kembali. Tentunya tidak ada yang mau sakit kan? Jadi yuk mulai dari sekarang kita hidup sehat :)

30 Oktober 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar