Rabu, 30 Oktober 2013

Breast Cancer (Virna Anggraini)

     Breast Cancer atau Kanker Payudara merupakan suatu penyakit yang umum diderita oleh perempuan namun bisa juga terjadi pada laki-laki. kanker merupakan suatu penyakit berbahaya yang sangat berpengaruh terhadap keadaan psikologis penderita. kanker tersebut bisa disebabkan oleh banyak hal diantaranya, bisa akibat pola makanan yang tidak sehat, tidak menjaga kebersihan dan sebagainya. ada beberapa cara yang dilakukan untuk mengobati penderita kanker payudara. diantaranya bisa menggunakan operasi pengangkatan. operasi pengangkatan tersebut dimaksudkan adalah pengambilan sebagian atau seluruh bagian payudara yang mengandung sel kanker. hal tersebut menyebabkan pasien kehilangan sebagian atau seluruh bagian dari payudaranya. 
     Dan setelah operasi tersebut tentunya penderita sudah tidak lagi mememiliki payudara yang sama seperti biasanya dan itu sangat berpengaruh pada psikologis penderita tersebut. penderita tentunya merasa menjadi tidak percaya diri dan minder dengan dirinya. penderita merasa dirinya tidak sempurna dan secantik seperti biasanya karena kehilangan salah satu payudaranya. sehingga panderita mencoba mengkonsultasikan hal tersebut kepada dokter dan dokter menyarankannya untuk melakukan operasi pembuatan payudara buatan. dan penderita tersebut menyetujuinya. dan saya melihat sendiri tanpa sama sekali menutup mata bagaimana proses operasi pembuatan payudara buatan tersebut dilakukan. cukup sangat menegangkan karena kita jadi bisa mengetahui bagaimana dokter membelek kulit kita dengan lasernya. dan ternyata menjadi seorang dokter bedah itu memang membutuhkan keberanian dan ketelitian yang sangat kuat. tidak tega rasanya melihat hal tersebut tetapi itulah satu-satunya cara yang mungkin memiliki efek samping yang tidak terlalu berbahaya. karena pada operasi tersebut payudara buatan tersebut dibuat dengan menggunakan kulit sendiri dari bagian perut. 
     Kemudian dokternya memasangkan kulit tersebut dipayudara sambil menyamakan ukurannya dengan payudara di sebelahnya. dan setelah selesai operasi tersebut payudara buatan tersebut berhasil dan berwarna pink dan bentuknya sama seperti payudara yang satunya lagi. dan penderita tersebut merasa lebih baik setelah operasi tersebut. penderita merasa lebih percaya diri kembali, bahkan merasa dirinya sudah cantik kembali seperti perempuan pada umumnya. 
     Dan beberapa hal yang wajib menjadi pelajaran adalah menjaga pola makan itu sangat penting dan sama seperti yang dikatakan bu Henny kemarin adalah kalau kita memang mau menjaga maka mulailah dari sekarang saat usia kita masih terhitung dewasa awal jikalau mau menjaga saat usia kita sudah dewasa akhir itu sudah sangat terlambat. kemudian menjaga kebersihan diri juga sangat penting setelah itu memeriksakan diri kedokter saat memang kita memiliki suatu keluhan juga merupakan hal yang penting harus kita lakukan. karena dengan memeriksakan diri kedokter saat memang terdapat suatu penyakit kita dapat mengobatinya secara dini. dan yang paling penting juga adalah selalu berpikiran yang positif karena dengan memiliki pikiran yang sehat tentunya sistem imun kita pun jadi tidak menurun dan tetap terjaga. tetapi kalau kita memiliki pikiran yang negatif atau tidak sehat tentunya akan berdampak pada kondisi fisik kita juga.
 
30 Oktober 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar