Rabu, 02 Oktober 2013

Pregnancy, Birth, Contraception and Abortion (Myth) (Aristo Pratama)


     Dalam budaya Indonesia, memberikan pelajaran mengenai seks sangatlah tabu. Anak baru diberikan pelajaran seks saat sudah mengalami masa pubertas, sehingga mereka menjadi kaget bahkan takut dengan posisi pubertas mereka. Kehamilan ditandai dengan tidak lagi terjadinya menstruasi, nyeri pada payudara dan sering buang air kecil. biasanya hal yang paling penting bila dilihat secara fisik adalah proses mual lalu muntah-muntah.
     Alat tes kehamilan adalah alat PERAMAL yang paling ampuh untuk mengetahui terjadinya kehamilan atau tidak. terkadang untuk kasus di Indonesia, membeli sebuah alat tes kehamilan ini persepsi orang hanya ada dua "DIHAMILI" atau "MANDUL". mengapa demikian? maklum budaya kita itu terkenal dengan undang-undang HARAMNYA. jadi begitulah kalau membeli alat test kehamilan tersebut, malu menaruh muka dimana dan malu dibicarakan oleh banyak orang-orang (kecuali jika tampangnya menikah di umur yang pas atau wajah-wajah tua, wah saya tak mengerti tuh kenapa demikian).
     Dalam proses kehamilan hal yang paling penting adalah memberi dan menjaga nutrisi untuk si cabang bayi agar bisa lahir dengan sehat dan katanya orang Indonesia sih biar jadi sosok yang sempurna saat dewasa nanti. dalam proses kehamilan gejala yang paling sering dialami para Ibu-ibu hamil adalah NGIDAM. kenapa yah? katanya sih permintaan si cabang bayi, mintanya pun juga bermacam-macam sebagai keinginan si cabang bayi. misalnya, ada yang ngidam pepes kotoran kucing, ngidam makan sabun, ngidam makan buah melinjo, ngidam makan steak daging, dan sebagainya. konon katanya sih kalau tak dipenuhi si bayi akan mengeluarkan liur terus atau bahasa kasarnya sih NGENCES. lalu bagaimana bagi mereka yang mengidam buah nanas? buah yang katanya pembunuh nomor satu para janin bayi. kalau ada ibu yang mengidam hal tersebut bagaimana dong? nah itu jadi pertanyaan saya.
     Hal yang harus dihindari adalah saat ibu mengkonsumsi obat-obatan, alkohol, nikotin dan kafein. kenapa yah? karena zat tersebut mengandung teratogen yaitu zat yang memasuki aliran darah janin dan menyebabkan gangguan bahkan kerusakan fisik maupun mental para janin. lalu hal yang paling berbahaya bagi ssi janin apabila mengalami FAS (Fetal Alkohol Syndrome) apa sih tuh ris? yaitu gangguan fisik atau mental, kerusakan syaraf, abnormalitas pada wajah bayi yang terjadi pada ibu yang mengkonsumsi alkohol dalam jumlah banyak saat hamil.
     Bagaimana dengan bayi yang mengalami cacat? cacat pada kelahiran itu terjadi karena kelainan genetik dan kelainan kromosom pada proses kehamilan. bisa saa terlahir dengan ccacat pada tulang belakang atau kesalahan pada otak dan struktur sumsum tulang belakang yang gagal berkembang. biasanya anak-anak down syndrome adalah anak yang mengalaami kelainan kromosom ke 21 pada proses kehamilan. nah hal ini nih yang sering saya paling benci dari seorang ibu, yaitu MALU punya anak yang katanya "cacat". gak mensyukuri apa yang sudah dianugerahkan oleh Tuhan, sangat jarang ada ibu yang mensyukuri dan mengembangkan anaknya yang D.S. untuk bisa hidup normal layaknya anak-anak yang lain.
     Proses kehamilan itu paling lama sembilan bulan dan diperhitungkan 2-3 minggu dari jadwal proses kelahiran yang telah ditentukan. bagaimana dengan prematur? katanya baru tujuh bulan sudah lahir. mitosnya sih anaknya jadi sering sakit-sakitan dan mempunyai kecerdasan di atas rata-rata. lalu, bagaimana dengan Leonardo Da Vinci? pelukis terkenal itu yang katanya ibunya mengandung selama sepuluh bulan dan memiliki IQ 204 dan dikenal karyanya oleh sepanjang masa? itu semua menjadi misteri Ilahi bagi saya (jiahhhhhh berkhotbah di sini). tapi biasanya sih kalau gak prematur yang proses kelahiraan biasa yang sembilan bulan. proses kelahiran prematur itu karenaibu yang merokok pada saat melahirkan. atau mengkonsumsi obat-obatan atau alkohol. katanya sih ini proses selamat bayi. kalau tidak terjadi kesalahan kromosom ya akan prematur, ya tapi semua tergantung dari si ibu sendiri bagaimana cara mereka merawat dan menjaga nutrisi untuk si bayi.
     Bayi yang lahir normal atau keluar sendiri dari rahim ibu mitosnya sih bisa berinisiatif sendiri dan sosialnya tinggi. tapi semua sih masih mitos, buktinya, saya menemukan teman saya yang lahir normal tapi tidak peka pada sosial sekitarnya dan kurang inisiatif dalam membantu sekitar, bahkan dipaksa dulu jika mau. kenapa? karena semua tergantung dari proses pola asuh orang tua terhadap anak hingga menuju kedewasaanya. untuk bayi dalam proses cesar, biasanya dibantu oleh dokter karena satu lain hal seperti terlilit ari-ari, atau kaki terlebih dahulu yang keluar. mitosnya sih katanya kurang inisiatif dan kurang percaya diri. ya kan sudah dibilang, semua tergantung dari pola pengasuhan untuk anak nati ke depannya seperti apa, kalau diajari untuk mandiri, ya pasti mandiri, kalau tidak ya tidak. mitos, belum tentu dipercaya.
     Lalu kita membahas pula mengenai alat kontrasepsi yang katanya alat pemuas kenikmatan tanpa membuat sang wanita hamil atau si pria merasa bersalah karena sudah mengeluarkan sperma (maaf vulgar bahasanya, tapi ini semua demi orang-orang agar tidak tabu dalam hal-hal seperti itu).  Alat ini sebagai pemuas kenikmatan dan mencegah kehamilan dengan pantangan atau penggunaan beberapa alat untuk mencegah kehamilan. kontrasepsi yang terkenal yaitu KONDOM yaitu bahan yang terbuat dari LATEX dan digunakan pada penis pria yang sedang ereksi dan sebelum melakukan penetrasi pada vagina. kalau kondom versi wanita ada tidak ris? ada kok, namanya itu Diagphragm yaitu alat yang terbuat dari kubah latex dan fleksibel. alat ini dimasukkan dalam vagina sebelum melakukan hubungan seksual dan membentuk tembok penghalang sepanjang rahim agar sel telur dan sperma tidak bertemu.
     Aborsi itu hal yang katanya paling dilarang oleh banyak negara karena dosa terbesar membunuh seorang bayi yang akan lahir. lalu, bagaimana dengan SCAN 4 DIMENSI? scan yang bisa mengetahui bentuk bayi secara keseluruhan? tapi ada resikonya, yaitu jika ada sesuatu yang ditemukan oleh sang bayi tersebut mengalami kecacatan, orang tua hanya punya dua hal, betul-betul merawatnya sampai lahir dan menerimanya, atau menggugurkannya karena takut anaknya cacat? mitosnya sih kalau aborsikan si cabang bayi akan dihantui oleh si cabang bayi ini lho. Ada benarnya juga.

PENTING:
     Satu lagi nih, katanya sih alat ini dijual bebas dan memancing seks bebas? ingat, budaya kita bukan ada PENGARUH. dari budaya amerika (karena itu dibahas di dalam kelas saya) lantas, bagi orang indonesia itu sendiri, ini adalah hal yang tabu dan haram hukumnya. justru, bukan budaya itu sendiri yang dapat membuat sebuah negara menjadi sesuatu yang khas yaitu seks bebas, tapi dari keinginan orang itu sendiri yang ingin MENCOBA dengan lawan jenisnya seperti apa. justru dengan adanya kondom, kehamilan, hamil di luar nikah atau nikah muda karena sudah jebol duluan, pasti tidak akan terjadi. hanya untuk indonesia itu sendiri, hal ini menjadi tabu, haram dan katanya najis hukumnya. MELAKUKAN ADALAH DOSA TAPI MENONTON FILM UNSUR PORNOGRAFI AFALAH KEBOLEHAN. jadi apa pantas Indonesia menjadi tabu atau haram dengan hal yang seperti itu? pura-pura tak tahu padahal otak kotor, atau benar-benar polos dan menjijikan melihat hal-hal seperti itu?

2 Oktober 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar