Kamis, 10 Oktober 2013

Praktisi Psikologi (Junaidi Stansyah)

Dalam kehidupan bekerja, tentunya kita harus memahami keterampilan apa yang kita miliki sebelum kita mengajukan sebuah lamaran pekerjaan terhadap perusahaan. Pada waktu kelas teknik wawancara, kita kedatangan tamu yang sangat luar biasa, yaitu HRD dari sebuah toko roti, minuman, dan perkebunan. Banyak hal yang dapat dipelajari dari pengalaman mereka. 

     Sebenarnya semua yang diterangkan dari ketiga praktisi ini adalah hal yang sama, tugas sebagai HRD itu adalah merekrut karyawan, memberikan motivasi kepada karyawan agar kinerjanya lebih baik, menyeleksi karyawan mana yang pantas untuk naik pangkat, membuat karyawan tetap nyaman bekerja di perusahaan, dan lainnya yang berhubungan dengan sumber daya manusia yang ada. 
     Kita dituntut untuk mengetahui semua latar belakang karyawan, dan mendalami bidang-bidang lain, misalnya accounting, teknik informasi, dan lainnya, karena tugas dari HRD akan berkecimpung di bagian komputerisasi dan juga jika dihadapkan dengan para pelamar pekerjaan kita harus kurang lebih tahu aspek-aspek apa saja yang mereka kuasai, sehingga kita dituntut untuk memahami bagian-bagian di luar psikologi juga. 
     Untuk membuat karyawan mempunyai loyalitas yang tinggi terhadap perusahaan, kita tentunya harus membuat para karyawan nyaman bekerja, sehingga kita juga harus membuat pendekatan-pendekatan kepada karyawan, apa saja yang mereka butuhkan. 
     Sebagai seorang HRD, kita juga tidak boleh gugup ketika kita dihadapkan saat perusahaan ingin merekrut seorang general manager, ataupun CEO. Disitu letak HRD harus memahami segala macam bidang, jadi kita tidak terlihat tidak tahu dalam segala bidang, walaupun hanya bagian dasar saja, tetapi itu akan menjadi modal yang sangat baik untuk proses wawancara. 

8 Oktober 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar