Sebenarnya semua yang diterangkan dari ketiga praktisi ini adalah hal
yang sama, tugas sebagai HRD itu adalah merekrut karyawan, memberikan motivasi
kepada karyawan agar kinerjanya lebih baik, menyeleksi karyawan mana yang
pantas untuk naik pangkat, membuat karyawan tetap nyaman bekerja di perusahaan,
dan lainnya yang berhubungan dengan sumber daya manusia yang ada.
Kita dituntut untuk mengetahui semua latar belakang karyawan, dan
mendalami bidang-bidang lain, misalnya accounting,
teknik informasi, dan lainnya, karena tugas dari HRD akan berkecimpung di
bagian komputerisasi dan juga jika dihadapkan dengan para pelamar pekerjaan
kita harus kurang lebih tahu aspek-aspek apa saja yang mereka kuasai, sehingga
kita dituntut untuk memahami bagian-bagian di luar psikologi juga.
Untuk membuat karyawan mempunyai loyalitas yang tinggi terhadap
perusahaan, kita tentunya harus membuat para karyawan nyaman bekerja, sehingga
kita juga harus membuat pendekatan-pendekatan kepada karyawan, apa saja yang
mereka butuhkan.
Sebagai seorang HRD, kita juga
tidak boleh gugup ketika kita dihadapkan saat perusahaan ingin merekrut seorang
general manager, ataupun CEO. Disitu letak HRD harus memahami segala macam bidang, jadi kita tidak terlihat
tidak tahu dalam segala bidang, walaupun hanya bagian dasar saja, tetapi itu
akan menjadi modal yang sangat baik untuk proses wawancara.
8 Oktober 2013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar