Rabu, 02 Oktober 2013

Stress (Fera Lumumba Tampubolon)

Mungkin diantara kita sudah banyak yang pernah mengalami stress. Biasanya orang akan mengakatan, "duh kepala saya pusing karena banyak deadline". Disadari atau tidak itu adalah salah satu efek yang ditimbulkan dari stress. 
Mungkin setiap orang akan mengalami efek stress yang berbeda-beda. Biasanya stress akan dimulai dengan gejala yang kecil dan lama-kelamaan menjadi lebih parah. Terkadang orang tidak menyadari bahwa dirinya sedang stress dan akibatnya lama-kelamaan efek yang ditimbulkan oleh stress tersebut akan semakin parah.
Setiap orang memang mengalami akibat stress yang berbeda-beda. Ada orang yang mengalami stress hanya sebentar saja, karena dia dapat menyelesaikan masalahnya dan tekanan yang dialaminya dengan baik, dan akibatnya dampak yang diterima juga tidak terlalu parah. Namun, ada orang yang mengalami stress dengan waktu yang cukup atau bahkan sangat lama sehingga dapat berpengaruh terhadap kehidupannya sehari-hari.

Stress memiliki dampak terhadap berbagai aspek kehidupan seseorang. Mulai dari sakit kepala, sakit perut, makan yang tidak teratur,  suasana hati yang tidak menentu, hingga dapat mempengaruhi lingkungan sekitar orang tersebut. Mungkin seseorang yang sedang mengalami stress memiliki suatu masalah yang menekan dia sampai mengalami stress, namun stress tersebut juga dapat menambah masalah bagi dirinya. Menurut sebuah penelitian, stress berpengaruh terhadap suasana hati seseorang, sehingga menyebabkan hubungannya dengan orang lain juga tidak begitu baik. Ditambah lagi, stress juga menyebabkan menurunnya keinginan untuk melakukan hubungan intim pada pasangan suami istri, sehingga terkadang menjadi konflik di suatu rumah tangga.

Selain itu, kondisi stress juga dapat membuat seseorang berpotensi terkena berbagai penyakit, dari yang tidak parah sampai yang susah disembuhkan. Hal ini dikarenakan, stress mengakibatkan sistem imun di tubuh seseorang menurun, sehingga menyebabkan virus penyakit dengan mudah masuk kedalam tubuh seseorang.

Tentunya, kita tidak mau kan orang-orang yang kita cintai juga terkena dampak dari masalah yang menekan kita? Atau juga kita tidak mau kan masalah bertambah akibat stress? Jadi, jangan biarkan stress terus-menerus mengampiri kita yah :)

2 Oktober 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar