Minggu, 12 Mei 2013

persistent and responsibility :) (Agnes Vivi)


HRD? Si empunya dosa terbesar di dalam sebuah perusahaan kah? Atau HRD yang memegang kendali atas hidup mati karyawan dan calon karyawan? Ya sepertinya rumor-rumor seperti itu yang ada di sekeliling telinga dan mata kita. hmm.... Sebegitunyakah? :)

Minggu lalu, kelas kami kedatangan seorang manager HRD dari sebuah perusahaan F&B. Wow! Sharing yang begitu membuka mata kami sebagai mahasiswa yang hampir lulus dan akan berburu pekerjaan. sharing dari beliau menyadarkan kami bahwa seorang HRD memiliki tanggung jawab yang begitu besar bagi sebuah perusahaan. Belum lagi, HRD yang menjadi tombak dan pintu awal dari kesuksesan sebuah perusahaan. Dan semua sharing dari beliau memantapkan mata, hati, dan pikiran saya akan pandangan saya mengenai HRD menjadi lebih baik. Awalnya, saya berpikir untuk menjadi bagian atas dari HRD atau sebagai manager HRD haruslah seorang lulusan S2 atau psikolog di bidang industri organisasi. Namun, beliau membuktikan bahwa lulusan S1 saja sudah bisa menjadi manager HRD. Ya memang itu semua membutuhkan waktu yang cukup panjang dalam menata karirnya hingga sampai saat ini. Dan yang membuat saya tambah salut lagi, beliau berpindah-pindah pekerjaan bukan atas kemauannya, namun karena beliau dipanggil atau ditarik secara tidak langsung oleh perusahaan yang lainnya. Hmm.. yang menjadi pemikiran saya, bagaimana caranya perusahaan lain menarik atau ‘menculik’ beliau ya? Hmmmm *thinking hard* hahahaha

HRD dapat dikatakan sebagai empunya dosa terbesar di perusahaan karena harus menolak-nolak calon karyawan yang melamar hingga melakukan pemecatan pada karyawan yang telah bekerja di perusahaan tersebut. Mungkin terlihat enteng dan biasa saja, namun tekanan batin bagi seorang HRD siapa yang tahu? :D apa jadinya kalau sebuah perusahaan mempunyai HRD yang tidak bertanggung jawab atau lebih memperdulikan prioritasnya dibandingkan dengan prioritas perusahaan?

Secara tidak langsung, kita sebagai calon HRD nantinya (kalau berminat di bidang industri organisasi) ya harus memiliki tanggung jawab yang besar terhadap pekerjaan dan perusahaan kita. Karena pada dasarnya HRD loh yang memiliki peranan penting di sebuah perusahaan. Selain itu, kegigihan dan pantang menyerah merupakan salah satu dasar yang harus kita miliki jika kita ingin semakin menanjak karirnya. Kenapa? Karena tidak mungkin kita memulai karir langsung pada level yang tinggi, pastinya saat memulai karir kita, kita akan memulai di level bawah yang seiring berjalannya waktu karir kita akan menanjak dengan sendirinya :)

9 Mei 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar