Minggu, 26 Mei 2013

Praktik = Pelajaran yang Berharga (Priska Aprilla)

     Mata kuliah teknik wawancara sudah mencapai akhir pertemuan. Teori dan praktik sudah selesai dipelajari, dan menurut saya latihan untuk praktik yang dilakukan di ruang konseling sangat menarik. Mulai dari bidang PIO, pendidikan, serta klinis, semua sudah dicoba untuk dilakukan. Saya merasa mendapat pengetahuan lebih ketika melakukan praktik langsung dibandingkan dengan hanya mempelajari teori. Meskipun praktik tersebut dilakukan dengan sesama mahasiswa, namun saya merasa latihan tersebut sangat penting, di mana apabila melakukan wawancara dengan klien yang diperankan oleh sesama mahasiswa saja masih belum baik, bagaimana jika melakukan wawancara langsung dengan orang lain yang akan menjadi klien kita kelak.

     Setiap minggu, setelah melakukan praktik kami diminta untuk membuat laporan hasil wawancara, refleksi, dan observasi. Hal ini juga penting di mana saya menjadi mulai memahami bagaimana membuat laporan hasil wawancara. Refleksi juga menurut saya sangat membantu, masing-masing individu mencoba untuk merefleksikan diri sendiri hal-hal apa saja yang sudah dilakukan dengan baik dan yang masih belum dilakukan dengan baik selama wawancara. Hal ini membuat setiap minggu saya menjadi berusaha untuk lebih baik lagi untuk melakukan yang masih belum saya lakukan dengan baik pada praktik sebelumnya. Melakukan observasi terhadap pewawancara juga memberi pengetahuan tersendiri, di mana saya dapat memperhatikan teman yang sedang melakukan wawancara, dan secara tidak langsung menjadi pelajaran bagi saya apa yang sebaiknya dilakukan dan apa yang sebaiknya tidak dilakukan.

     Selain praktik di ruang konseling, di kampus, masing-masing kami juga diberikan tugas untuk melakukan wawancara di sebuah panti yang ditentukan. Hal itu juga memberi pengalaman berharga bagi saya dalam melakukan wawancara, karena dilaksanakan langsung di lapangan dan dilakukan dengan orang yang saya sama sekali tidak kenal dan tugas wawancara ini dilakukan secara individu. Meskipun sebelumnya terdapat beberapa mata kuliah yang memberikan tugas untuk melakukan wawancara, saya pikir ini merupakan pengalaman pertama bagi saya untuk melakukan wawancara dengan subyek yang sudah ditentukan lokasinya, sama sekali saya tidak kenal, dan dilakukan secara individu. Pengalaman yang sangat berarti dan memberikan pelajaran dan menambah pengetahuan tersendiri bagi saya.

23 Mei 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar